Imunologi - Semester 1 -TBD 6


Peserta: 16 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


 

Materi Pelajaran


Sistem Imun Tubuh

Imunologi adalah ilmu yang mempelajari istem kekebalan dan merupakan salah satu cabang ilmu kedokteran dan biologi. Secara umun, apabila tubuh terkena infeksi dari benda asing (Virus, bakteri, jamur, senyawa asing dll) maka tubuh akan membuat "sistem pertahanan" agar tubuh melawan benda asing tersebut. 

 

Buku ajar Imunologi khusus untuk prodi TBD dapat didownload pada link berikut https://drive.google.com/file/d/1K18dNYikGCtbTASv5WWKndpv1NV6vC0F/view?usp=sharing

Antigen dan Antibodi

Antigen dan Antibodi merupakan hal penting dalam sistem imun. Apabila antigen masuk ke dalam tubuh, maka antibodi akan terbentuk dan menyerang antigen tersebut. I

Sistem Pertahanan Innate (bawaan)

Sistem pertahanan innate atau bawaan merupakan sistem pertahanan yang dimiliki setiap orang sehingga bersifat non spesifik. 

SIstem imun innate terdiri dari sistem pertahanan barier pertama (First line defense) dan barier kedua (second line defense).

Pembentukan dan Pematangan Sel Imun

Sistem Imunologi memiliki organ yang berfungsi untuk pembentukan dan pematangan sel Imun. Apa saja Organ tersebut ?

Komplemen

Komplemen merupakan bagian dari sistem pertahanan bawaan atau innate. Komplemen merupakan protein darah yang berfungsi untuk mengenali antigen sehingga akan lebih mudah dikenali oleh antibodi. Selain itu aktivitas komplemen dapat meyebabkan sel menjadi lisis (pecah).

 

Acara 6 dan 7 - Sistem Pertahanan Adaptive

Sistem pertahanan adaptive merupakan sistem imun terakhir yaitu pada barier ke 3. Sistem imun adaptive diperoleh ketika seseorang terserang antigen tertentu, sehingga tubuh membentuk perlawanan dengan membentuk antibodi. 

Vidio terkait pembentukan antibodi dapat dilihat pada link berikut : https://www.youtube.com/watch?v=trJZuQ92WzI&t=49s

 

Tugas :

Mahasiswa secara berkelompok (1 kelompok 2 orang), membuat makalah terkait sistem imun adaptive. Tugas dikirimkan melalui emai : diani.mentari@gunabangsa.ac.id

Ujian Tengah Semester - Imunologi

Selamat Pagi semuanya,

Alhamdulillah kita sudah memasuki Ujian Tengah Semester. Ujian Tengah Semester akan dilaksanakan pada hari Jumat, 11 Desember jam 09.00 WIB dengan durasi waktu 100 menit.

Pada saat  ujian berlangsung teman-teman mengerjakan secara mandiri. Selain itu juga tidak diperkenankan membuka aplikasi lain (Google, Youtube dll) pada saat ujian berlangsung, karena akan mengakibatan tertutupnya aplikasi kelase secara otomatis sehingga nilai menjadi kosong.

Selama mengerjakan, semoga Allah mempermudah urusan kita dalam menuntut ilmu 

Ujiannya dalam bentuk essay.