Serologi Golongan Darah II - Semester 3 - TBD.5


Peserta: 28 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Mata kuliah Serologi Golongan Darah III merupakan kelanjutan dari mata kuliah Serologi Golongan Darah II. Pada Mata kuliah ini mahasiswa diberikan pemahaman mengenai crossmatch, coombs test, Coombs Control Cell, skrening dan Identifikasi antibodi sebagai dasar pemeriksaan darah pretransfusi. Mata kuliah ini juga diharapkan dapat memberikan pengetahuan, teknik pemeriksaan darah pretransfusi sehingga kelak Mahasiswa dapat memberikan darah kepada pendonor dengan tepat dan aman


Materi Pelajaran


Analisis Pre Transfusi

Analisis Pre Transfusi merupakan tahapan yang memegang peran penting untuk keberhasilan Transfusi Darah. Pre Transfusi ada beberapa tahapan yaitu Analisis Golongan Darah ABO-Rhesus, Uji SIlang Serasi, Coombs Test, Skrining antibodi dan Identifikasi antibodi.

 

Perkuliahan tatap muka melalui aplikasi Zoom :

Join Zoom Meeting
https://us04web.zoom.us/j/74559418321?pwd=UlFNdDM4WXJNczJlZGppY0ZJQ0ZnZz09

Meeting ID: 745 5941 8321
Passcode: UeU33z

 

dilanjutkan dengan google meet : meet.google.com/jyh-vqva-wbe

Crossmatch

Crossmatch adalah reaksi silang in vitro antara darah pasien dengan darah donor yang akan di transfusikan.

 

Reaksi ini dimaksudkan untuk mencari tahu apakah darah donor cocok dengan darah pasien yang akan menerima donor hal ini berguna untuk mencegah reaksi tranfusi darah bila darah didonorkan sehingga aman dan benar-benar bermanfaat bagi kesembuhan pasien.

 

Perkuliahan menggunkan google meet dengan link berikut : https://meet.google.com/yeo-oums-qzs
 

Crossmatch berdasarkan Permenkes RI no 91 Tahun 2015

Permenkes RI no 91 Tahun 2015 merupakan peraturan terkait dengan standar Pelayanan Darah dari Hulu (Rekruitmen donor) hingga hilir (Distribusi darah).

Pada perkuliahan kali ini, mahasiswa silahkan berkelompok (5-6 orang), kemudian membedah Permenkes 91 terkait dengan tahapan uji silang serasi.

Presentasi akan dilaksanakan minggu depan

 

 

Coombs Test (Anti Human Globulin)

Coombs Test merupakan tahapan yang dimaksudkan untuk mendeteksi adanya ireguler antibodi yang terdapat pada permukaan sel darah merah ataupun serum. Tahapan ini merupakan lanjutan dari tahapan Uji Silang serasi apabila ditemukan hasil yang inkompatibel. 

Coombs Control Cell

Coombs Control Cell merupakan salah satu reagen yang digunakan untuk validasi reagen AHG. Hal ini dikarenakan seringkali pada pengujian AHG (Coombs Test) mendapatkan hasil yang tidak valid

UTS Serologi Golongan Darah II

  1. Silahkan teman-teman berdo’a dulu sebelum mulai mengerjakan UTS
  2. Kerjakan soal ini secara mandiri
  3. Soal ini terbagi dalam 2 kelompok (tipe), sehingga sebelum menjawab harap dibaca dulu dengan cermat petunjuk masing-masing kelompok soal.
  4. Handphone dan alat elektronik lainnya tidak boleh diaktikan selama waktu ujian.
  5. Selamat bekerja!! Semoga Allah mempermudah urusan kita. Aamiin

Weak D

Wead D merupakan kondisi seseorang yang memiliki antigen Rhesus pada permukaan eritrositnya. Namun karena sangat sedikit antigennya sehingga tidak beraglutinasi ketika ditetesi dengan anti-D