Keperawatan Anak II 2020


Peserta: 13 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Mata kuliah ini adalah mata kuliah keahlian keperawatan yang berfokus kepada respon anak dan keluarganya pada setiap tahap perkembangan mulai lahir sampai akhir masa remaja baik dalam keadaan sakit kronis dan kondisi terminal serta berkebutuhan  khusus,  di  masyarakat  ataupun  dirawat  di  rumah  sakit,  serta intervensi keperawatannya baik yang bersifat mandiri maupun kolaboratif.

      Mata kuliah ini juga  merupakan integrasi dan penerapan ilmu keperawatan dasar dan ilmu dasar keperawatan yang membantu mengantarkan mahasiswa untuk mendalami            tentang            bagaimana       melakukan            asuhan keperawatan    profesional (holistik), memberikan pendidikan kesehatan, menjalankan fungsi advokasi bagi klien/keluarganya            dengan            menerapkan     komunikasi      efektif,            serta membuat keputusan dengan mempertimbangkan aspek  legal dan etik. Kegiatan belajar mahasiswa berorientasi pada pencapaian kemampuan berfikir sistematis, komprehensif dan kritis dalam mengaplikasikan konsep dengan pendekatan            proses  keperawatan    sebagai            dasar penyelesaian     masalah serta mengembangkan sikap profesional (pengembangan soft sklills)  melalui beberapa model belajar yang relevan.


Materi Pelajaran


pertemuan 1, Selasa 29 September 2020 Konsep Penyakit Kronis & Terminal & RPS

Penyakit kronik adalah suatu penyakit yang perjalanan penyakit berlangsung lama sampai bertahun-tahun,bertambah berat,menetap,dan sering kambuh. (Purwaningsih dan Karbina, 2009)

Kondisi Terminal adalah: Suatu proses yang progresif menuju kematian berjalan melalui suatu tahapan proses penurunan fisik, psikososial dan spiritual bagi individu. (Carpenito ,1995 )

Pertemuan 2, Selasa, 6 Oktober 2020,

ASKEP PADA KLIEN DENGAN RETINOBLASTOMA

Pertemuan 3: 13 Oktober 2020

Patofisiologi keganasan  pada System hematologi  dan asuhan keperawatan pada anak: Leukemia dan dampaknya terhadap pemenuhan kebutuhan dasar manusia (dalam konteks keluarga)

 

Pertemuan 4 : Selasa, 20 Oktober 2020

Perioperative Care

Pertemuan 5, Selasa 17 November 2020

Patofisiologi Kelainan Kongenital pada sistem cardiovascular dan asuhan keperawatan pada anak : PDA, VSD, Tetralogi of Fallot dan dampaknya terhadap pemenuhan kebutuhan dasar manusia (dalam konteks keluarga)

Pertemuan 6, Selasa, 8 Desember 2020

Patofisiologi masalah pada system imun dan asuhan keperawatan pada anak

Pertemuan 7, Selasa, 5 Januari 2020, "Hirschprung, atresia ani, atresia ductus hepaticus "

Patofisiologi Kelainan Kongenital pada sistem digestive dan asuhan keperawatan pada anak :
 
Hirschprung, atresia ani,
atresia ductus hepaticus

dan dampaknya terhadap pemenuhan kebutuhan dasar manusia (dalam konteks keluarga)

Pertemuan 8 : Selasa 19 Januari 2021: STANDAR ASUHAN KEPERAWATAN ANAK DENGAN THALASEMIA

STANDAR  ASUHAN  KEPERAWATAN ANAK  DENGAN  THALASEMIA

Pertemuan 9 : Selasa, 19 Januari 2021 : Jouvenile Diabetes

Diabetes Melitus tipe 1