Parasitologi 2 Semester 3 (A.11.2)


Peserta: 29 Orang  Pendaftaran: Ditutup 


Mata kuliah Parasitologi 2 ini mempelajari tentang Protozoa yaitu hewan bersel satu yang berperanan medik menyebabkan terjadinya penyakit. Protozoa terdiri dari 4 kelas yaitu kelas Rhizopoda (Amoeba), Ciliata (Balantidium coli), Flagellata (Tractus digestivus, urogenital, darah), serta Sporozoa (Darah, jaringan).


Materi Pelajaran


Pertemuan 1: Pendahuluan, Amoeba

Sesi ini bertujuan agar mahasiswa mengetahui garis besar materi Parasitologi 2, pembagian kelas dari Protozoa berperanan medik, serta Amoeba patogen dan apatogen terkait morfologi, siklus hidup, penyakit yang ditimbulkan, serta diagnosa klinis dan diagnosa laboratorium.

Pertemuan 2: Balantidiasis, Giardiasis, Trichomoniasis (slide powerpoint dan audio)

Sesi ini mempelajari tentang Balantidiasis, Giardiasis, dan Trichomoniasis terkait dengan morfologi, daur hidup penyebab, patologi dan gejala klinis serta diagnosa klinis dan laboratorium. Slide powerpoint disertai dengan penjelasan audio pada masing-masing slide.

Pertemuan 3: Trypanosomiasis

Sesi ini membahas tentang Trypanosomiasis yaitu penyakit yang disebabkan oleh parasit Trypanosoma sp terkait morfologi penyebab, siklus hidup, patologi dan gejala klinis, serta diagnosa klinis dan laboratorium. Slide powerpoint disertai dengan audio penjelasan pada masing-masing slide.

Pertemuan 4: Leishmaniasis

Sesi ini membahas tentang penyakit yang disebabkan oleh Leishmanis sp yaitu spesies Leishmania donovani, L.tropica dan L. brasiliensis terkait morfologi penyebab, siklus hidup, patologi dan gejala klinis, serta diagnosa klinis dan laboratorium.

  •  

Pertemuan 5: Toxoplasmosis

Sesi ini membahas tentang penyakit Toxoplasmosis yang disebabkan oleh Toxoplasma gondii. Pembahasan meliputi morfologi penyebab, daur hidup, patologi dan gejala klinis yang ditimbulkan serta pemeriksaan klinis dan laboratorium.

Pertemuan 6: Plasmodium Sebagai Penyebab Malaria

Sesi ini membahas tentang parasit Plasmodium sebagai penyebab Malaria, terkait morfologi, daur hidup, patologi dan gejala klinis, serta diagnosa klinis dan laboratorium. Spesies yang masuk dalam pembahasan adalah Plasmodium falcifarum dan Plasmodium vivax.

Pertemuan 7: Modul Praktikum Parasitologi 2

Mahasiswa diharapkan dapat mempelajari dan memahami materi pada modul praktikum Parasitologi 2 untuk memudahkan pembelajaran praktikum pada sesi selanjutnya.