Serologi Golongan Darah I (Relita Pebrina) - Semester II - TBD5


Peserta: 27 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Mata kuliah ini mengajarkan tentang imunologi dasar, sistem golongan darah, genetika golongan darah, dan berbagai metode pemeriksaan golongan darah. Merupakan mata kuliah yang membahas pengetahuan dan keterampilan tentang teknik dan prosedur pemeriksaan golongan darah ABO dan Rhesus serta golongan darah lainnya, validasi reagensia serta sistem pencatatan, dokumentasi dan pelaporannya.


Materi Pelajaran


Golongan Darah Rhesus

Sesi ini akan membahas tentang sejarah golongan darah Rhesus, antigen dan antibodi pada golongan darah Rhesus, pentingnya mengetahui golongan darah rhesus pada transfusi darah dan kehamilan, serta pemeriksaan golongan darah rhesus. Pelajari dengan seksama sebelum melanjutkan ke tahap selanjutnya yang diakhiri dengan quiz untuk mengukur sejauh mana pemahaman mahasiswa terhadap materi golongan darah rhesus.

Pemeriksaan Golongan Darah ABO dan Rhesus Metode Tabung

Pada sesi ini akan dibahas mengenai pemeriksaan golongan darah ABO dan Rhesus metode tabung dimulai dari tahap persiapan yaitu pemisahan serum/plasma dengan sel darah merah, pencucian sel, pembuatan tes sel dan suspensi sel darah merah.

Ujian Tengah Semester

Kerjakan soal-soal berikut dengan jelas dan tepat.

Warm Antibodi dan Cold Antibodi

Pada materi kali ini, akan dibahas mengenai warm antibodi dan cold antibodi serta perbedaannya.

Sistem Golongan Darah Bermakna Klinis

Pada materi ini akan dibahas sistem penggolongan darah yang bermakna klinis selain golongan darah ABO dan Rhesus

Ujian Akhir Semester

Perhatikan intruksi berikut:

  1. Kerjakan soal-soal berikut dengan benar. 
  2. Ujian bersifat open book akan tetapi tidak diperbolehkan membuka google atau mesin pencarian lain, hanya diperbolehkan membuka buku ataupun jurnal. 
  3. Ujian dibuka dari pukul 09-00-16.00 WIB
  4. Waktu pengerjaan ujian 120 menit, silahkan gunakan waktunya sebaik mungkin.
  5. Dilarang bekerjasama selama ujian, apabila terdapat jawaban yang sama persis otomatis akan ada pengurangan nilai baik yang memberi jawaban atau yang menerima jawaban.

Selamat mengerjakan.