Mengenal RingerLaktat

  • 07 Feb 2019
 

Mengapa Ringer Laktat?

RingerLaktat.id (RLID) merupakan layanan kursus online atau Massive Open Online Course (MOOC) di bidang pendidikan kedokteran yang pertama di Indonesia.

Sebagaimana cairan infus Ringer Laktat yang salah satu fungsinya untuk me-resusitasi kondisi syok atau me-rehidrasi pasien yang lemah, RLID hadir untuk membantu calon sejawat di seluruh fakultas kedokteran di Indonesia mendapatkan akses materi pendidikan kedokteran.

Mengapa Pendidikan Kedokteran?

Fakultas Kedokteran (FK) masih menjadi favorit di masyarakat. FK akan mencetak seorang dokter yang merupakan garda terdepan dalam layanan kesehatan. Meskipun demikian, perjalanan menjadi seorang dokter tidak lah sederhana. Kurikulum pendidikan dokter yang kompleks dimana aspek kognitif, afektif dan psikotor diasah selama 3,5-4 tahun di fase pre-klinik, 1,5-2 tahun di fase Koasisten, dan persiapan menghadapi Uji Kompetensi Dokter (UKMPPD)  merupakan proses yang harus dilalui.

Hingga tahun 2018 terdapat 86 FK di Indonesia, beberapa diantaranya adalah FK baru. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun 2015 yang hanya berjumlah 75 FK. Dalam proses pembelajaran, seluruh FK diharuskan menerapkan kurikulum yang mencakup seluruh kompetensi yang tercantum dalam SKDI (Standar Kompetensi Dokter Indonesia) 2012.

Tentunya dalam proses pendidikan tersebut memiliki berbagai tantangan, diantaranya adalah keterbatasan SDM dokter berperan sebagai pengajar dan penyebaran dokter di Indonesia yang belum merata. Materi kedokteran termutakhir yang masih didominasi oleh konten berbahasa inggris tentunya merupakan tantangan tersendiri bagi calon dokter (cadok). Disisi lain uji kompetensi dokter sebagai syarat ‘exit exam’ menyisakan ribuan retaker atau cadok yg belum lulus.  

Untuk mengkonfirmasi hipotesis tersebut, kami melakukan mini survei terhadap 220 cadok dari berbagai FK mengenai kebutuhan tersebut pada akhir 2018 lalu. Beberapa temuan yang didapatkan diantaranya berupa kebutuhan akan konten belajar berbahasa Indonesia.

Hal tersebut yang melatarbelakangi RLID hadir memberikan untuk menyediakan akses  terhadap materi di bidang kedokteran ke seluruh wilayah di mana cadok berada, kapanpun selama terkoneksi dengan internet!

Bagaimana cara RLID membantu?

Pada prinsipnya terdapat 2 pengguna dalam RLID yaitu fasilitator dan peserta. Fasilitator merupakan sejawat dokter baik yang sedang internship, dokter umum, dokter yang sedang mengambil PPDS (Residen) maupun dokter spesialis untuk berbagi ilmu dengan para calon sejawat lewat RLID. Sejawat dokter dapat berbagi ilmu mengenai berbagai materi kedokteran yang sesuai kompetensi dokter umum dengan cara membuat berbagai kelas dan topiknya.

Sedangkan peserta merupakan mahasiswa pre-klinik, koas, maupun mahasiswa yang akan mengikuti UKMPPD. Para peserta dapat mencari dan memilih berbagai topik kursus yang ingin diikuti.

administrator

AdminRL

ringerlaktat.id@gmail.com