Agribisnis Perikanan


Peserta: 333 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Kelas ini berisikan materi pembelajaran Agribisnis Perikanan untuk program Alih Fungsi. Terdiri dari 3 (tiga) modul, berupa bacaan, lembar kerja dan latihan soal. Dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan PPPPTK dan LPPPTK.


Materi Pelajaran


Modul A. Budidaya Perikanan 1 dan Karakteristik Peserta Didik

Setelah mempelajari modul ini, peserta diharapkan dapat: mengembangkan potensi budidaya perairan berdasarkan faktor sumberdaya, sosial dan ekonomi, memahami  parameter-parameter kualitas air, jenis-jenis pakan alami dan kebutuhan nutrisi biota air.

Modul B. Budidaya Perikanan 3 dan Pengembangan Kurikulum

Setelah mempelajari modul ini, peserta diharapkan dapat: mengintegrasikan prinsip – prinsip ekologi dalam budidaya perairan, mengelola kegiatan pengukuran kualitas air (fisika, kimia dan biologi) secara analitik, mengembangkan teknik pengendalian hama dan penyakit ikan, mengembangkan metode pembibitan pakan alami semi massal (fitoplankton, zooplankton, bentos) serta memahami prinsip-prinsip pengembangan pembuatan pakan.

Modul C. Budidaya Perikanan 4 dan Pembelajaran Yang Mendidik

Setelah mempelajari modul ini, peserta diharapkan dapat: mengembangkan sistem dan teknologi budidaya perairan, mengelola kualitas air budidaya perairan, mengembangkan teknik pengendalian hama dan penyakit biota air, mengembangkan metode pembibitan pakan alami skala laboratorium (murni) (phytoplankton, zooplankton, dan bentos) dan mengembangkan teknik pembuatan pakan.

e-Portofolio

Sesi ini adalah tempat untuk mengunggah tugas-tugas akhir dari belajar mandiri Paket Keahlian ini.