Kelas X TKJ 4 PEND. AGAMA ISLAM


Peserta: 17 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


PENDIDIKAN AGAMA ISLAM - Semester 1


Materi Pelajaran


KD. 1.1 Q.S. Al-Anfal / 8 : 72 serta Q.S Al-Hujurat / 49 :10 dan 12

Kompetensi Dasar

1.1 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan meyakini bahwa kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) adalah perintah agama.

2.1 Menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi perintah Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis terkait.

3.1 Menganalisis Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah).

KD.1.2 Q.S. Al-Isra’/17: 32, dan Q.S. An-Nur/24: 2, serta Hadis tentang Larangan Pergaulan Bebas dan Perbuatan Zina

Kompetensi Dasar:

1.2    Meyakini bahwa pergaulan bebas dan zina adalah dilarang agama.

2.2 Menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan perbuatan zina sebagai pengamalan Q.S. Al-Isra’/17: 32, dan Q.S. An-Nur /24: 2, serta Hadis terkait.

3.2    Menganalisis Q.S. Al-Isra’/17: 32, dan Q.S. An-Nur/24 : 2, serta Hadis tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.

4.2.1   Membaca Q.S. Al-Isra’/17: 32, dan Q.S. An-Nur/24:2 sesuai dengan     kaidah tajwid dan makharijul huruf

4.2.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Isra’/17: 32, dan Q.S. An-Nur/24:2 dengan fasihdan lancar.

4.2.3 Menyajikan keterkaitan antara larangan berzina dengan berbagai kekejian (fahisyah) yang ditimbulkannya dan perangai yang buruk (saa-a sabilasesuai pesan Q.S. Al-Isra’/17: 32 dan Q.S. An-Nur/24:2

KD. 1.3 Iman kepada Allah SWT (Asmaul Husn: Al-Kariim, Al-Mu’min, Al-Wakiil, Al-Matiin, Al-Jaami’, Al-‘Adl, dan Al-Akhiir)

Kompetensi Dasar:

1.3   Meyakini bahwa Allah Maha Mulia, Maha Mengamankan, Maha Memelihara, Maha Sempurna Kekuatan-Nya, Maha Penghimpun, Maha Adil, dan Maha Akhir

2.3   Memiliki sikap keluhuran budi; kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan adil sebagai implementasi pemahaman al-Asmau al-Husna: Al-Karim, Al-Mu’min, Al-Wakil, Al- Matin, Al-Jami’, Al-‘Adl, dan Al-Akhir

3.3   Menganalisis makna al-Asma’u al-Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir

4.3    Menyajikan hubungan makna- makna al-Asma’u al-Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir dengan perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, rasa aman, tawakal dan perilaku adil

KD. 1.4 Iman Kepada Malaikat

Kompetensi Dasar:

1.4   Meyakini keberadaan malaikat-malaikat Allah Swt.

2.4   Menunjukkan sikap disiplin, jujur dan bertanggung jawab, sebagai implementasi beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt.

3.4   Menganalisis makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt.

4.4   Menyajikan hubungan antara beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt. dengan perilaku teliti, disiplin, dan waspada.

KD 1.5 Berpakaian Secara Islami

Indikator: 

1.5  Terbiasa berpakaian sesuai dengan syariat Islam

2.5  Menunjukkan perilaku berpakaian sesuai dengan syariat Islam

3.5  Menganalisis ketentuan berpakaian sesuai syariat Islam

4.5  Menyajikan keutamaan tatacara berpakaian sesuai syariat Islam