PLPG 2017 - Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan


Peserta: 97 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Sumber belajar online ini berisikan materi pembelajaran Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan. Terdiri dari 20 pokok bahasan, berupa bacaan dan latihan ujian online. Dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan LPTK.


Materi Pelajaran


BAB I. KLASIFIKASI KOMODITAS HASIL PERTANIAN DAN PERIKANAN

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang klasifikasi komoditas hasil pertanian dan perikanan berdasarkan tingkat kemudahan rusak/daya tahan, kesamaan sifat agronomi, kemiripan sifat lainnya. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB II. PENGETAHUAN SIFAT BAHAN PANGAN

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang pengujian sifat bahan (morfologi, sifat inderawi, sifat fisis, mekanis, fisiologis, komponen kimia) dan penyebab kerusakan bahan. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB III PENGELOLAAN PANEN DAN PASCA PANEN

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang pengelolaan panen dan pasca panen bahan hasil pertanian dan perikanan . Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB IV. TEKNIK KONVERSI BAHAN

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang pengelolaan teknik konversi bahan. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB V. PENGENDALIAN KADAR AIR

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang pengelolaan teknik pengendalian kandungan air bahan. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB VI. PENERAPAN SUHU RENDAH DAN SUHU TINGGI DALAM PENGOLAHAN

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang pengelolaan penggunaan suhu rendah dan suhu tinggi. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB VII. PROSES FERMENTASI

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang pengelolaan proses fermentasi. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB VIII. PROSES KIMIAWI DALAM PENGOLAHAN PANGAN

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang pengelolaan teknik kimiawi . Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB IX. PENERAPAN MEDIA PENGHANTAR PANAS DALAM PENGOLAHAN

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang pengelolaan penggunaan media penghantar panas. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB X. PENGGUNAAN BAHAN TAMBAHAN PANGAN (BTP)

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang pengelolaan penggunaan Bahan Tambahan Pangan (BTP). Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB XI. PENGAWETAN PANGAN (GULA, GARAM, DAN ASAM)

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang pengelolaan teknik pengawetan pangan dengan gula, garam dan asam . Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB XII. PENGEMASAN, PELABELAN DAN PENYIMPANAN PRODUK OLAHAN

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang pengelolahan pengemasan, pelabelan dan penyimpanan. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB XIII. PENGENDALIAN DAN KEAMANAN MUTU PROSES PANGAN

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang pengelolaan pengendalian mutu selama proses dengan pendekatan “titik kritis dan cacat nol” serta  diagnosis penyimpangan dan perbaikan proses. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB XIV. PENGUJIAN MUTU BAHAN HASIL PERTANIAN DAN PERIKANAN

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang pengujian bahan hasil pertanian dan perikanan secara organoleptis, fisis-mekanis dan mikroanalisis, kimiawi (proksimat), serta  secara mikrobiologis. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB XV. PRODUK-PRODUK OLAHAN PERIKANAN SECARA TRADISIONAL

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang pengelolaan produk hasil perikanan tradisional. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB XVI. DIVERSIFIKASI PENGOLAHAN HASIL PERIKANAN

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang pengelolaan produk diversifikasi hasil perikanan. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB XVII. PRODUK IKAN SEGAR DAN BEKU STANDAR EKSPOR

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang pengelolaan produk perikanan segar dan pembekuan standar eksport. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB XVIII. PENGALENGAN MOLUSKA DAN CRUSTACEA STANDAR EKSPOR

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang pengelolaan pengolahan hasil perikanan produk mollusca, crustacea dan pengalengan standar ekspor. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB XIX. PRODUK HASIL SAMPING PERIKANAN DAN RUMPUT LAUT

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang pengelolaan produk hasil samping perikanan dan rumput laut. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB XX. PERENCANAAN, PENGAWASAN DAN EVALUASI USAHA PENGOLAHAN HASIL PERIKANAN

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang perencanaan, koordinasi dan evaluasi kegiatan usaha pengolahan hasil perikanan. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

Daftar Pustaka

Dalam bab ini berisi tentang Daftar Pustaka Modul Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan