PLPG 2017 - Teknik Pengecoran Logam


Peserta: 11 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Sumber belajar online ini berisikan materi pembelajaran Teknik Pengecoran Logam. Terdiri dari 12 pokok bahasan, berupa bacaan dan latihan ujian online. Dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan LPTK.


Materi Pelajaran


BAB I BAHAN PADA PENGECORAN LOGAM

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang sifat-sifat dan aplikasi bahan teknik dalam indutri pengecoran logam. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB II MERENCANAKAN PEMBUATAN POLA

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang Perencanaan pembuatan pola pada proses pengecoran logam. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB III MEMBUAT POLA

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang dasar-dasar pembutan pola pada teknik pengecoran logam. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB IV MENYIAPKAN PASIR CETAK

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang benar Pasir cetak pada pengecoran logam. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB V MEMBUAT CETAKAN PASIR DAN INTI

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang pembuatan cetakan pasir dan inti pada pengecoran logam. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB VI MELEBUR DENGAN DAPUR KUPOLA DAN KRUSIBEL

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang Peleburan Dengan Dapur Kupola Dan Krusibel. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB VII MENUANGKAN LOGAM

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang proses penuangan logam ferro dengan benar. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB VIII MELAKUKAN PENGERJAAN AKHIR

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang proses pengerjaan akhir terhadap hasil pengecoran. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB IX MEMERIKSA DAN MENGUJI CORAN

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang pemeriksaan dan pengujian terhadap coran. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB X MEMPERBAIKI CORAN DAN PERLAKUAN PANAS

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang perbaikan dan perlakuan panas pada besi cor. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB XI MENCEGAH CACAT PADA CORAN

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang cacat-cacat pada benda hasil pengcoran dan pencegahannya. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB XII KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang Kesehatan dan keselamatan kerja pada pengecoran logam. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.