PLPG 2017 - ALAT MESIN PERTANIAN


Peserta: 500 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Sumber belajar online ini berisikan materi pembelajaran ALAT MESIN PERTANIAN. Terdiri dari 9 Bab pokok bahasan, berupa bacaan dan latihan ujian online. Dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan LPTK


Materi Pelajaran


BAB I. JENIS-JENIS MOTOR PENGGERAK

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang cara menggunakan motor penggerak (diesel, bensin dan listrik) sebagai sumber tenaga penggerak alat mesin pertanian, memodifikasi motor penggerak alat mesin pertanian (diesel, motor, bensin dan motor listrik), merawat motor penggerak (diesel, bensin dan listrik) alat mesin pertanian. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB II. PROSEDUR GAMBAR TEKNIK DAN AUTOCAD

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang Menggunakan prosedur gambar teknik, menggunakan teknologi gambar teknik, mendisain alat mesin dan bangunan pertanian. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB III. JENIS DAN SIFAT-SIFAT BAHAN LOGAM DAN NON-LOGAM

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang mengelola bahan logam untuk pembuatan alat mesin pertanian, mengelola bahan non-logam untuk kepentingan pertanian, mengelola bahan hasil pertanian untuk kepentingan pertanian. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB IV. KLASIFIKASI TRAKTOR DAN PENGELOMPOKAN TRAKTOR RODA DUA DAN RODA EMPAT

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang menunjukkan TRAKTOR PERTANIAN. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB V. PERSIAPAN MENGHIDUPKAN, MENGHIDUPKAN, MEMATIKAN DAN MENJALANKAN TRAKTOR

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang pengoperasian traktor maju mundur tanpa implemen. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB VI. PERAWATAN, PENYETELAN, DAN PERBAIKAN TRAKTOR RODA DUA DAN RODA EMPAT

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang mengelola perawatan dan perbaikan traktor pertanian, memasang implement traktor pertanian, mengoperasikan traktor yang dilengkapi implemen, mengoperasikan traktor pertanian untuk mengolah tanah. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB VII. MENGOPERASIKAN ALAT MESIN BUDIDAYA TANAMAN, PEMELIHARAAN TANAMAN, DAN PASCA PANEN

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang mengoperasikan alat mesin pemeliharaan tanaman, mengoperasikan alat mesin budidaya tanaman, mengoperasikan alat mesin pascapanen. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB VIII. MENGOPERASIKAN PERKAKAS TANGAN DAN LISTRIK, MESIN PENGELASAN DAN MESIN PRODUKSI PERAWATAN ALAT MESIN PERTANIAN

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang pengoprasian alat perkakas tangan dan listrik untuk perawatan alat mesin  pertanian, mengoperasikan alat mesin pengelasan untuk perawatan alat mesin pertanian, mengoperasikan alat mesin produksi untuk perawatan alat mesin pertanian. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB IX. PERENCANAAN, PENGELOLAAN, DAN EVALUASI USAHA JASA ALAT MESIN PERTANIAN

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang  perencanaan kegiatan usaha jasa alat mesin pertanian, mengelola usaha jasa alat mesin pertanian, mengevaluasi kegiatan usaha jasa alat mesin pertanian. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.