PLPG 2017 - Teknik Transmisi Telekomunikasi


Peserta: 33 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Sumber belajar online ini berisikan materi pembelajaran Teknik Transmisi Telekomunikasi. Terdiri dari 10 pokok bahasan, berupa bacaan dan latihan ujian online. Dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan LPTK.


Materi Pelajaran


BAB I Dasar Elektronika dan Sistem Telekomunikasi

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang dasar Elektronika, dan tatakelola bengkel, proses pengujian sistim rangkaian listrik arus searah dan arus proses pengujian sistim rangkaian listrik arus searah dan arus pengujiannya. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB II Sistem Multiplexing

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang menganalisis sistem multiplex dan sistem multiplexer tingkat tinggi. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB III Sistem Komunikasi Seluler

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang arsitektur sistem seluler, model propagasi dan akses jamak pada sistem seluler, sistem antenna pada sistem seluler. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB IV Broadband NGN dan Softswitch

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang arsitektur sistem transmisi broadband NGN, dan dasar teknologi softswitch. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB V Jaringan Telekomunikasi

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang dasar jaringan telekomunikasi, strategi manajemen jaringan, manajemen jaringan. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB VI Multiplexing Tingkat Tinggi

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang Menganalisis hasil perhitungan kanal, dan format sistem multiplexer tingkat tinggi. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB VII Transmisi Backbone dan Instalasinya

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang sistem transmisi backbone (radio, optik dan tembaga), metode instalasi perangkat. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB VIII Sistem Transmisi Satelit

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang dasar sistem transmisi satelit, dan komponen komunikasi satelit. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan

BAB IX Survey Lokasi dan Implementasi Transmisi Backbone

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang Mengevaluasi hasil survey lokasi, menginstalasi, mengkonfigurasi, merancang sistem transmisi backbone. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB X Link Budget dan Implementasi Transmisi Satelit

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang Mengevaluasi hasil perhitungan link budget, Menginstalasi, mengkonfigurasi, merancang sistem transmisi satelit. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.