PLPG 2017 - NAUTIKA KAPAL PENANGKAP IKAN


Peserta: 102 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Sumber belajar online ini berisikan materi pembelajaran Nautika Kapal Penangkap Ikan. Terdiri dari 13 pokok bahasan, berupa bacaan dan latihan ujian online. Dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan LPTK


Materi Pelajaran


BAB I: Hukum Laut dan Perkapalan

Dalam bab ini kita akan belajar tentang bagaimana mengintegrasikan Hukum Laut dan hukum Perkapalan. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB II: Pencegahan Polusi

Dalam bab ini kita akan belajar menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan tentang pencegahan polusi linkungan laut. bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB III: Bangunan Kapal

Dalam bab ini kita akan belajar mengintegrasikan prinsip-prinsip dasar bangunan kapal. bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB IV: Keseimbangan Kapal (Stabilitas Kapal)

Dalam bab ini kita akan belajar mengintegrasikan mengintegrasikan stabilitas kapal. bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB V: Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Dalam bab ini kita akan belajar tentang mengelola keselamatan dan kesehatan kerja di atas kapal. bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB VI: Menerapkan Prosedur Penyelamatan Diri Di Kapal

Dalam bab ini kita akan belajar memahami  tentang prosedur keselamatan di kapal. bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB VII: Pelayaran Datar

Dalam bab ini kita akan belajar mengintegrasikan perencanaan pelayaran. bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB VIII: Peralatan Navigasi

Dalam bab ini kita akan belajar mengintegrasikan alat-alat navigasi. bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB IX: Olah Gerak dan Pengendalian Kapal

Dalam bab ini kita akan belajar mengintegrasikan prosedur olah gerak dan pengendalian kapal ikan. bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB X: Meteorologi

Dalam bab ini kita akan belajar mengintegrasikan parameter meteorology dan oseanografi. bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB XI: Isyarat Komunikasi

Dalam bab ini kita akan belajar mengintegrasikan komunikasi di kapal ikan. bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB XII: Prosedur Darurat dan Keselamatan Pelayaran

Dalam bab ini kita akan belajar mengintegrasikan peraturan pencegahan tubrukan di laut. bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB XIII: Menerapkan Pelayanan Medis dan P3K Di Atas Kapal

Dalam bab ini kita akan belajar mengelola pelayanan medis di atas kapal. bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Daftar Pustaka Nautika Kapal Penangkap Ikan

Dalam halaman ini berisikan Daftar Pustaka dari Modul Nautika Kapal Penangkap Ikan.