PLPG 2017 - SENI TARI


Peserta: 191 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Sumber belajar online ini berisikan materi pembelajaran Seni Tari. Terdiri dari 8 pokok bahasan, berupa bacaan dan latihan ujian online. Dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan LPTK.


Materi Pelajaran


BAB I: Pengetahuan Seni Tari dan Periodisasi Perkembangan Seni Tari

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang sejarah tari berdasarkan periodisasinya, ciri-ciri jenis tari berdasarkan periodisasi  perkembangannya, perkembangan tari dari masa ke masa pengertian seni Tari. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Bab II: Jenis-jenis Seni Tari

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang jenis tari berdasarkan karakternya, jenis tari berdasarkan bentuk garapan, karakteristik tari kelompok dan tari masal, dan contoh jenis tari berdasarkan fungsinya. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Bab III: Tubuh Sebagai Media Ekspresi

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang teknik kelenturan tubuh berdasarkan ruang gerak (luas dan sempit), Membandingkan teknik kelenturan tubuh sesuai dinamika (gerak cepat dan lambat), dan menganalisis teknik kelenturan tubuh berdasarkan energi (kuat dan lemah). Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Bab IV: Struktur Bentuk Tari

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang bentuk penyajian pada salah satu tari, struktur penyajian dan struktur bentuk tarinya, dan struktur gerak pada salah satu tari. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Bab V: Prinsip-prinsip Tari Tradisi

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang prinsip-prinsip atau konsep yang mendasar dalam tari tradisi. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Bab VI: Komposisi Tari

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang Komposisi Seni Tari yang terbagi dalam beberapa uraian. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Bab VII: Apresiasi Seni Tari

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang apresiasi seni tari. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Bab VIII: Management Pertunjukan Tari

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang management pertunjukan tari. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

DAFTAR PUSTAKA SENI TARI

Dalam halaman ini berisikan daftar pustaka dari modul Seni Tari.