PLPG 2017 - TEKNIK KAPAL NIAGA


Peserta: 13 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Sumber belajar online ini berisikan materi pembelajaran Teknik Kapal Niaga. Terdiri dari 15 pokok bahasan, berupa bacaan dan latihan ujian online. Dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan LPTK


Materi Pelajaran


BAB I: Hukum Maritim

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang 2 penggolongan Hukum Maritim jika ditinjau dari tempat berlakunya yaitu Hukum Maritim Nasional dan Hukum Maritim Internasional. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB II: Bahasa Inggris Maritim Di Kapal

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang Komunikasi Bahasa Inggris Maritim di laut. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB III: Dinas Jaga

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang Tugas-tugas awak kapal termasuk prosedur dan pelaksanaannya, terutama sewaktu kapal dalam keadaan mengolah gerak. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB IV: Elektronika

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang gelombang elektromagnetik. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB V: Gambar Tehnik Kapal

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang Gambar teknik dengan menggunakan skala. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB VI: Konstruksi dan Stabilitas Kapal

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang Kontruksi dan kesetimbangan kapal. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB VII: Motor Penggerak Utama

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang Mesin diesel sebagai motor penggerak utama. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB VIII: Pencegahan Pencemaran Lingkungan

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang Pencemaran lingkungan dan pencegahannya. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB IX: Perawatan dan Perbaikan Mesin Kapal

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang Manajemen dan tujuan perawatan dan perbaikan mesin kapal. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB X: Perbengkelan Kapal Niaga

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang Beberapa peralatan perbengkelan Kapal Niaga. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB XI: Permesinan Bantu

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang instalasi mesin induk dan olah gerak kendali serta prinsip dan cara kerja pompa. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB XII: Prosedur Darurat dan Keselamatan Pelayaran

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang Penerapan Prosedur Keselamatan Pelayaran. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB XIII: Sistem Kelistrikan Kapal

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang Sistem penerangan dan proteksi sistem tenaga listrik. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB XIV: Sistem Kontrol

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang Hakekat Sistem kendali. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB XV: Teknologi Bahan

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang Bahan-bahan material bahan. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Daftar Pustaka Teknik Kapal Niaga

Dalam halaman ini berisikan Daftar Pustaka dari Modul Teknik Kapal Niaga.