PLPG 2017 - BIMBINGAN DAN KONSELING


Peserta: 2847 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Sumber belajar online ini berisikan materi pembelajaran Bimbingan dan Konseling. Terdiri dari 8 Bab pokok bahasan, berupa bacaan dan latihan ujian online. Dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan LPTK


Materi Pelajaran


BAB I: Esensi Bimbingan dan Konseling

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang esensi BK pada satuan jalur pendidikan formal; esensi BK pada satuan jenis pendidikan umum, khusus, dan keagamaan; dan esensi BK pada satuan jenjang PAUD, pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB II: Asesmen Bimbingan dan Konseling

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang konsep dan praksis asesmen tes dan nontes untuk memahami kondisi, kebutuhan, dan masalah konseling. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB III: Bimbingan Klasikal dan Kelompok

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang BK klasikal dan BK kelompok. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB IV: Pendekatan Konseling

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang pendekatan konseling yang dapat dijadikan dasar dalam penyelenggaraan layanan konseling individual dan kelompok. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB V: Arah Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Dalam bab ini peserta akan belajar tentanghakikat pelayanan bimbingan dan konseling, dasar-dasar pelayanan bimbingan dan konseling, arah profesi bimbingan dan konseling, serta layanan bimbingan dan konseling sesuai dengan kondisi dan tuntutan wilayah kerja. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB VI: Pengembangan Program Bimbingan dan Konseling

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang perencanaan dan pelaksanakan program bimbingan dan konseling komprehensif, serta evaluasi proses dan hasil kegiatan bimbingan dan konseling. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB VII: Komitmen pada Kode Etik Profesional

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang pemahaman dan pengelolaan kekuatan dan keterbatasan pribadi dan profesional, penyelenggarakan pelayanan sesuai dengan kewenangan dan kode etik profesional konselor, dan pelaksanaan referal sesuai dengan keperluan. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB VIII: Penelitian Bimbingan dan Konseling

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang penelitian bimbingan dan konseling yang terdiri atas jenis dan metode penelitian, langkah-langkah umum penelitian, perencanaan penelitian, pelaksanaan penelitian, pelaporan hasil penelitian, penelitian tindakan BK, pemanfaatan hasil penelitian BK, dan publikasi hasil penelitian BK. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

Daftar Pustaka Bimbingan dan Konseling

Dalam halaman ini berisikan daftar pustaka dari modul Bimbingan dan Konseling.