PLPG 2017 - BIOLOGI


Peserta: 1129 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Sumber belajar online ini berisikan materi pembelajaran Biologi. Terdiri dari 17 Bab pokok bahasan, berupa bacaan dan latihan ujian online. Dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan LPTK.


Materi Pelajaran


BAB I HAKEKAT BIOLOGI SEBAGAI ILMU

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang hakekat Biologi sebagai ilmu. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB II BIOTEKNOLOGI

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang peranan bioteknologi dalam kehidupan sehari-hari. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB III KEANEKARAGAMAN HAYATI

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang faktor-faktor keanekaragaman hayati dan berbagai contohnya . Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB IV VIRUS

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang struktur reproduksi dan peranan virus dalam kehidupan. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan  

BAB V PROTISTA MONERA DAN ALGA

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang struktur reproduksi dan peranan protista, monera, dan alga . Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB VI SEL EUKARIOT

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang struktur sel eukariot. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB VII REPRODUKSI SEL

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang reproduksi sel. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB VIII STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB IX STRUKTUR DAN FUNGSI ORGAN TUMBUHAN

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang struktur dan fungsi organ pada tumbuhan. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB X REPRODUKSI PADA TUMBUHAN

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang reproduksi pada tumbuhan. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB XI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN HEWAN

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang struktur dan fungsi jaringan pada hewan. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB XII ORGAN DAN SISTEM ORGAN MANUSIA

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang struktur dan fungsi berbagai sistem organ pada manusia. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB XIII REPRODUKSI PADA HEWAN DAN MANUSIA

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang embriogenesis dan organogenesis pada hewan dan manusia. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB XIV METABOLISME

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang proses anabolisme, katabolisme, hubungan antara metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein, respirasi aerob dan anaerob, serta faktor yang mempengaruhi fotosintesis. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB XV EVOLUSI

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang teori, prinsip dan mekanisme evolusi, serta kecenderungan baru teori evolusi . Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB XVI PENGELOLAAN LIMBAH

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang penerapan biologi dan ilmu terkait dalam pengelolaan limbah. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB XVII PENGELOLAAN ALAT DAN BAHAN LABORATORIUM

Dalam bab ini Anda akan belajar pengeloaan alat dan bahan, prinsip keselamatan kerja di laboratorium, dan contoh cara menangani kecelakaan yang terjadi di laboratorium. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.