PLPG 2017 - PERSIAPAN GRAFIKA


Peserta: 35 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Sumber belajar online ini berisikan materi pembelajaran Persiapan Grafika Terdiri dari 9 pokok bahasan, berupa bacaan dan latihan ujian online. Dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan LPTK.


Materi Pelajaran


BAB I KEGRAFIKAAN

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang sejarah dan lingkup kerja kegrafikaan. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB II KELENGKAPAN CETAK

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang Segala kelengkapan yang dibutuhkan ketika menjalankan proses percetakan. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB III DESAIN DAN FILM

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang desain dan film yang meliputi peran desain grafis, menyiapkan desain buku, perangkat pendukung dan imposisi pada industri grafika. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB IV FILM DAN PELAT

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang film dan pelat yang meliputi kamera, ketajaman bayangan, bahan peka, filter, pemisahan warna dan montase, film processor dan pelat  pada industri grafika. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB V ACUAN CETAK

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang acuan cetak yang digunakan pada percetakan. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB VI TEKNIK CETAK

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang teknik-teknik yang digunakan pada proses percetakan. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB VII PURNA CETAK

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang Tindakan yang harus dilakukan pada setelah percetakan selesai. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB VIII KALKULASI GRAFIKA

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang Terkait kalkulasi grafika yang meliputi pembiayaan. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB IX KESELAMATAN KERJA

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang keselamatan dan kesehatan kerja. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.