PLPG 2017 - Geomatika


Peserta: 132 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Sumber belajar online ini berisikan materi pembelajaran Geomatika. Terdiri dari 10 pokok bahasan, berupa bacaan dan latihan ujian online. Dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan LPTK.


Materi Pelajaran


BAB I KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang kesehatan dan keselamatan kerja, baik personil maupun peralatan surveinya. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB II POSISI VERTIKAL

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang berbagai metode penentuan posisi vertikal. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB III POSISI HORISONTAL

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang berbagai metode penentuan posisi horisontal. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB IV PENGOLAHAN DAN KETENTUAN TEKNIS PENGUKURAN (STANDAR PENGUKURAN)

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang Menganalisis proses pengolahan dan ketentuan teknis pengukuran (standar pengukuran). Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB V PENGUKURAN TOPOGRAFI

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang merencanakan pengukuran topografi. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB VI PENGUKURAN DENGAN GLOBAL POSITIONING SYSTEM (GPS)

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang Mengukur dengan alat Global Positioning System (GPS). Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB VII RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB)

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang Menyusun Rencana Anggaran Biaya (RAB). Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB VIII FOTOGRAMETRI

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang Menganalisis fotogrametri. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB IX KARTOGRAFI

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang Menganalisis data spasial data non spasial. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB X SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang Menganalisis data spasial dan data non spasial pada Sistem Informasi Geografis (SIG). Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.