PLPG 2017 - KKPI


Peserta: 601 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Sumber belajar online ini berisikan materi pembelajaran KKPI. Terdiri dari 16 pokok bahasan, berupa bacaan dan latihan ujian online. Dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan LPTK.


Materi Pelajaran


BAB I MENGOPERASIKAN SISTEM OPERASI BERBASIS TEKS

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang Sistem komputer. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

 

BAB II MENJELASKAN SISTEM OPERASI BERBASIS GUI

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang close source dan open source. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB III MENGINSTALASI SISTEM OPERASI DAN PERANGKAT LUNAK

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang program aplikasi pada  berbagai jenis sistem operasi. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB IV MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang perangkat lunak pengolah kata jenis close source dan open source. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB V MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK LEMBAR SEBAR

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang perangkat lunak lembar sebar (spreadsheet). Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB VI MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK PRESENTASI

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang perangkat lunak presentasi. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB VII MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK BASIS DATA

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang basis data. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB VIII MELAKUKAN ENTRY DATA KE DALAM APLIKASI MENGGUNAKAN KEYBOARD

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang keyboard menurut fisik dan sistem koneksinya. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB IX MELAKUKAN UPDATE DATA DENGAN UTILITAS APLIKASI

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang data dan struktur data  (record, field dan table). Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB X MELAKUKAN DELETE DATA DENGAN UTILITAS APLIKASI

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang data dan struktur data (record, field dan table) menggunakan utilitas aplikasi. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB XI MELAKUKAN ENTRY DATA MENGGUNAKAN IMAGE SCANNER

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang image scanner berdasarkan kriteria – kriteria tertentu. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB XII MELAKUKAN ENTRY DATA DENGAN OCR

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang aplikasi OCR (Optical Character Recognition). Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB XIII MENGINSTALASI PROGRAM APLIKASI JARINGAN

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang analisis dan instalasi perangkat keras dan perangkat lunak untuk koneksi  jaringan internet. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB XIV MENGOPERASIKAN JARINGAN PC DENGAN SISTEM OPERASI

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang koneksi jaringan intranet (LAN). Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB XV MENGOPERASIKAN WEB BROWSER

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang web browser. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB XVI MENGOPERASIKAN PENGELOLAAN EMAIL

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang email berbasis web. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.