PLPG 2017 - Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan


Peserta: 2256 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Kelas online ini berisikan materi pembelajaran Kompetensi Pancasila dan Kewarganegaraan. Terdiri dari 7 bab (tujuh pokok bahasan) berupa bacaan dan latihan ujian online. Dikembangkan oleh Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan LPTK..


Materi Pelajaran


BAB I : Hakikat, Tujuan Dan Ruang Lingkup

Pada bab ini peserta akan belajar mendeskripsikan tentang hakikat, tujuan dan ruang lingkup diberikannya pendidikan kewarganegaraan. Unduh dan baca bahan bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB II : Substansi Pendidikan Kewarganegaraan

Pada bab ini peserta akan belajar mendeskripsikan tentang substansi pendidikan kewarganegaraan yang dapat menambah wawasan, menumbuhkembangan sikap dan nilai serta melatih ketrampilan peserta didik.  Unduh dan baca bahan bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB III : Pancasila Dasar Negara Dan Pandangan Hidup Bangsa

Pada bab ini peserta akan belajar mendeskripsikan tentang Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia.  Unduh dan baca bahan bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan. Diskusikan materi ini dengan   peserta lainnya dalam forum diskusi untuk memperdalam pengetahuan Anda tentang pelajaran pada bab ini.

BAB IV : Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

Pada bab ini peserta akan belajar mendeskripsikan tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).  Unduh dan baca bahan bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan. Diskusikan materi ini dengan   peserta lainnya dalam forum diskusi untuk memperdalam pengetahuan Anda tentang pelajaran pada bab ini.

BAB V : Bhinneka Tunggal Ika

Pada bab ini peserta akan belajar mendeskripsikan tentang konsep Bhinneka Tunggal Ika, makna semboyan bhinneka tunggal ika, sikap hidup yang harus dikembangkan dalam masyarakat yang ber-bhinneka .  Unduh dan baca bahan bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan. Diskusikan materi ini dengan   peserta lainnya dalam forum diskusi untuk memperdalam pengetahuan Anda tentang pelajaran pada bab ini.

BAB VI : Undang-Undang Dasar Negara RI Tahun 1945

Pada bab ini peserta akan belajar mendeskripsikan tentang pengertian konstitusi, sifat-sifat konstitusi, cara-cara perubahan konstitusi dan konstitusi negara Indonesia  Unduh dan baca bahan bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan. Diskusikan materi ini dengan   peserta lainnya dalam forum diskusi untuk memperdalam pengetahuan Anda tentang pelajaran pada bab ini.

BAB VII : Kelembagaan Negara RI

Pada bab ini peserta akan belajar mendeskripsikan tentang kelembagaan negara (legislatif, eksekutif, yudikatif dan eksaminatif). Unduh dan baca bahan bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan. Diskusikan materi ini dengan   peserta lainnya dalam forum diskusi untuk memperdalam pengetahuan Anda tentang pelajaran pada bab ini.

DAFTAR PUSTAKA

Dalam halaman ini berisikan Daftar Pustaka dari Modul Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.