PLPG 2017 - Ilmu Pengetahuan Sosial


Peserta: 1892 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Sumber belajar online ini berisikan materi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Terdiri dari 5 (lima) pokok bahasan, berupa bacaan dan latihan ujian online. Dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan LPTK.


Materi Pelajaran


BAB I : Keadaan Sosial Budaya Pada Masa Praaksara, Hindu, Buddha Dan Islam

Bab ini berisi tentang penjelasan Persebaran Manusia Indonesia Asal-Usul Bangsa Indonesia, Kehidupan Manusia Praaksara masa berburu dan mengumpulkan makanan, masa bercocok tanam, dan masa perundagian, Hasil Budaya Manusia Praaksara, Kehidupan Masyarakat Masa Hindu dan Buddha, dan Kehidupan Masyarakat Indonesia Masa Islam. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB II : Perubahan Dan Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial Budaya Dalam Pembangunan

Bab ini berisi penjelasan tentang Proses Perubahan sosial budaya di Indonesia Berdasarkan Telaah Geografis, Menganalisis Proses Interaksi Sosial, Menjelaskan Fungsi Pranata Sosial, Menganalisis Perilaku Menyimpang dan Pengendalian Sosial dalam Masyarakat. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB III : Hubungan Letak Astronomis, Geografis, Geologis Dan Luas Wilayah Dengan Sumber Daya Di Indonesia

Bab ini menjelaskan tentang Hakikat Letak Astronomis, Letak Geografis, Letak Geologis dan Luas  Wilayah Indonesia, Bentuk Muka Bumi Indonesia, Keadaan Sumberdaya Manusia Indonesia, dan Persebaran Folra dan Fauna Indonesia. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB IV : Konsepsi Produksi, Distribusi Dan Konsumsi Dalam Pemenuhan Kebutuhan Penduduk

Bab ini berisi tentang penjelasan Tindakan, Motif  dan Prinsip Ekonomi, Konsep Produksi, Distribusi, dan Konsumsi, Hubungan Antara Kelangkaan Sumber Daya Dengan Kebutuhan Manusia, Faktor-Faktor yang Memengaruhi Permintaan dan Penawaran,  Masalah Dalam  Bidang Ekonomi, dan Hubungan Antara Kondisi Geografis dengan  Kegiatan Ekonomi. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB V : Konsep-Konsep Dasar Metodologi Penelitian

Bab ini menjelaskan tentang, Penelitian Kuantitatif dan Kualitati, Ruang Lingkup Penelitian, dan Jenis-jenis Desain Penelitian. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

DAFTAR PUSTAKA

Dalam halaman ini berisikan Daftar Pustaka dari Modul Ilmu Pengetahuan Sosial.