PLPG 2016 - Teknik Mekatronika


Peserta: 26 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Sumber belajar online ini berisikan materi pembelajaran Teknik Mekatronika. Terdiri dari 10 pokok bahasan, berupa bacaan dan latihan ujian online. Dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan LPTK.


Materi Pelajaran


Bab I. Gambar Teknik

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang  gambar simbol berdasarkan standar ISO dan penggunaan peralatan standar gambar, dan hukum-hukum gambar geometris, proyeksi, potongan, serta ukuran dan toleransi gambar. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Bab II. Teknik Kerja Bengkel

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang aturan K3 sesuai standar (Depnaker, OSHA), Mengevaluasi kaidah-kaidah K3, kerja bangku, teknik sambung, dan tatakelola bengkel dan penggunaan standard K3, kerja bangku, teknik sambung, dan tatakelola bengkel. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Bab III. Teknik Listrik

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang susunan bahan listrik, penggunaan hukum-hukum kelistrikan arus searah dan bolak-balik serta sistim satuan, proses pengujian sistim rangkaian listrik arus searah dan arus bolak-balik dengan alat ukur yang sesuai. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Bab IV. Elektronika Dasar

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang susunan bahan atom P/N dan semikonduktor, dan penggunaan hukum-hukum kelistrikan pada semikonduktor dalam rangkaian dasar elektronika. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Bab V. Teknik Mikroprosesor

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang arsitektur sistem mikroprosesor, sistim pengalamatan memori dan I/O, dan proses pembuatan program dengan flowchart.  Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Bab VI. Teknik Pemprograman

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang bahasa pemrograman dan dasar-dasar pemrograman. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Bab VII. Simulasi Digital

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang Simulasi Digital sebagai pendukung pembelajaran elektronika. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Bab VIII. Perekayasaan Kontrol Sistem Mekatronik

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang prosedur penggunaan sensor dan aktuator serta menemukan kesalahan pada fasilitas dan sistem mekatronika. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Bab IX. perekayasaan sistem robotika

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang prosedur perencanaan, perakitan, pemrograman dan pengujian serta prosedur pencarian kesalahan sistim robotika. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Bab X. Perawatan Dan Perbaikan Peralatan Mekatronika

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang prosedur perawatan dan perbaikan serta prosedur pencarian kesalahan pada fasilitas dan sistem mekatronika. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.