PLPG 2016 - DESAIN DAN KRIYA TEKSTIL


Peserta: 56 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Sumber belajar online ini berisikan materi pembelajaran Desain dan Kriya Tekstil. Terdiri dari 15 Bab pokok bahasan, berupa bacaan dan latihan ujian online. Dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan LPTK


Materi Pelajaran


BAB VII JENIS SERAT DAN ZAT WARNA ZAT WARNA SINTETIS

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang Jenis Serat dan Zat Warna Zat Warna Sintetis. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB I TEORI NIRMANA

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang Teori Nirmana. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB II MENGGAMBAR HURUF

Dalam bab ini peserta akan belajar menggambar huruf dan variasinya, untuk keperluan etiket dan merek dagang karya kriya tekstil. Dilengkapi juga dengan ketentuan pertimbangan dampak menguntungkan/merugikan dari bentuk huruf. Unduh dan Baca bahan bacaan yang ada, lalu ukur pengetahuan anda dengan latihan soal.

BAB III MENGGAMBAR BENTUK

Dalam bab ini peserta akan belajar mengenai menggambar bentuk flora, fauna dan benda lainnya. Serta peralatan yang diperlukan. Unduh dan baca bahan bacaan yang ada, lalu ukur pengetahuan anda melalui latihan yang disediakan.

BAB IV ORNAMEN

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang Mengidentifikasi ornamen tradisional dan klasik. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB V POLA GAMBAR PRODUK KRIYA TEKSTIL

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang Mendeskripsikan pola gambar sesuai produk kriya tekstil. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB VI PEWARNA ALAM

Dalam bab ini peserta akan belajar Menguraikan jenis pewarna dari bahan alam. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB VIII PEWARNAAN BATIK DENGAN ZAT WARNA SINTETIS

Dalam bab ini peserta akan belajar Mengetahui teknik pewarnaan kain dengan zat warna sintetis. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB IX TEKNIK CETAK SARING

Dalam bab ini peserta akan belajar Menjelaskan cara membuat kriya tekstil teknik cetak saring. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB X PEWARNA UNTUK CETAK SARING

Dalam bab ini peserta akan belajar Menjelaskan bahan pewarna untuk cetak saring. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB XI TEKNIK & SIMPUL MAKRAME

Dalam bab ini peserta akan belajar Mendeskripsikan jenis-jenis simpul makrame. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB XII TEKNIK JAHIT PERCA

Dalam bab ini peserta akan belajar Mendeskripsikan jenis jahit perca. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB XIII TEKNIK APLIKASI

Dalam bab ini peserta akan belajar Menjelaskan teknik jahit aplikasi. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB XIV TEKNIK TENUN ATBM

Dalam bab ini peserta akan belajar Menjelaskan teknik tenun ATBM. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB XV Pengoperasian ATBM

Dalam bab ini peserta akan belajar Mendeskripsikan langkah pengopersian ATBM. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.