PLPG 2016 - Desain dan Produksi Kriya Kulit


Peserta: 188 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Sumber belajar online ini berisikan materi pembelajaran Desain dan Produksi Kriya Kulit. Terdiri dari 6 pokok bahasan, berupa bacaan dan latihan ujian online. Dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan LPTK.


Materi Pelajaran


BAB I Nirmana

Dalam bab ini peserta kan belajar  tentang  Elemensenirupa (garis,bidang,bentuk,warna,dan tekstur) dan Penataan Unsur-Unsur (Prinsip) Seni Rupa. Unduh dan baca bahan bacaan yang ada, lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan. 

BAB II. Menggambar

Dalam bab ini peserta akan belajar membuat pola huruf di atas permukaan kulit, membuat logo dan slogan pada produk kriya kulit, menggambar bentuk alam benda, menggambar flora dan fauna, menggambar teknik untuk kriya kulit, menggambar ornamen untuk menghias produk dari bahan kulit, dan menggambar dengan teknik komputer. Unduh dan baca bahan bacaan yang ada, lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB III. Bahan dan Proses Pembuatan Kriya Kulit

Dalam bab ini peserta akan mempelajari tentang bahan kriya kulit, Proses Pembuatan Kriya Kulit, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Prosedur K3, Menerapkan Konsep Lingkungan Hidup, Proses Penyesetan pembuatan sepatu, Proses pembentukan sepatu, dan pembuatan alas kaki sandal. Unduh dan baca bahan bacaan yang ada, lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan. 

BAB IV. Membuat Rancangan Produk Alas Kaki Kulit

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang membuat rancangan konsep produk kriya kulit dan membuat rancangan gambar produk kriya kulit. Unduh dan baca bahan bacaan yang ada, lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan. 

BAB V. Membuat Produk Alas Kaki Kulit

Dalam bab ini peserta akan belajar membuat produk sepatu kulit, membuat produk sandal kulit, melaksanakan pekerjaan macam-macam jahitan, dan pembuatan alas kaki sandal. Unduh dan baca bahan bacaan yang ada, lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan. 

BAB VI. Membuat Produk Kerajinan Kulit Non Alas Kaki dan Non Busana

Dalam bab ini peserta akan belajar model dan jenis produk kulit non alas kaki dan non busana, membuat assesoris kulit, membuat produk kerajinan kulit. Unduh dan baca bahan bacaan yang ada, lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.