PLPG 2016 - Pemeliharaan dan Perbaikan Motor dan Rangka Pesawat Udara (Airframe Power Plant)


Peserta: 7 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Sumber belajar online ini berisikan materi pembelajaran Pemeliharaan dan Perbaikan Motor dan Rangka Pesawat Udara (Airframe Power Plant). Terdiri dari 11 pokok bahasan, berupa bacaan dan latihan ujian online. Dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan LPTK.


Materi Pelajaran


BAB I. MENERAPKAN AIRCRAFT DRAWING

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang informasi tentang jenis-jenis gambar, jenis-jenis garis dan penggunannya, jenis-jenis informasi yang ada dalam gambar, proyeksi, potongan, dan sedikit informasi tentang pembuatan gambar dengan menggunakan CAD. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB II. PENERAPAN AIRCRAFT STRUKTUR

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang bagian-bagian utama dari pesawat terbang, yang meliputi struktur badan pesawat (fuselage), struktur sayap (wing), struktur bagian ekor pesawat (Empenage) yang terdiri atas horizontal stabilizer dan vertical stabilizer, struktur bidang kemudi (flight control surface), tenaga penggerak (engine) dan roda pendarat (landing gear). Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB III. PERAWATAN DAN PERBAIKAN AIRCRAFT STRUCTURE

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang proses dan perawatan pada struktur pesawat udara, yang meliputi informasi tentang prinsip-prinsip perbaikan pada pesawat udara, jenis-jenis kerusakan yang terjadi pada pesawat udara dan klasifikasinya, cara perbaikan kerusakan pada kulit, perbaikan stringer, perbaikan longeron, perbaikan former/bulkhead, dan perbaikan struktur sayap seperti spar. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB IV. MENGELOLA PELAKSANAAN JACK AN AIRCRAFT AND PERFORM LANDING GEAR RETRACTION TEST, ASSEMBLY MAIN LANDING GEAR AND WHEEL, AND INSPECT AND ADJUST BRAKE

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang Jack  an aircraft, Assembly main landing gear and wheel,  Roda pesawat (Aircraft wheel),  dan Rem pesawat (aircraft brake). Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB V. MENGEVALUASI PEKERJAAN AIRCRAFT WEIGHT AND BALANCE

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang weight and balance, diantaranya mengenai alasan pentingnya dilakukan penimbangan pada pesawat,  Istilah-istilah dalam Weight and Balance, prosedur penimbangan pesawat, peralatan yang digunakan dalam penimbangan pesawat dan pehitungan titik pusat garvitasi pesawat berdasarkan data hasil penimbangan pesawat. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB VI. PENERAPAN AIRCRAFT SYSTEM

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang sistem dalam pesawat udara yang mencakup paparan informasi tentang Air Conditioning system and Cabin Pressurization (ATA 21), Electrical Power (ATA 24), Oxygen System (ATA 35), dan  Pneumatic/ Vacuum System (ATA 36). Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB VIII. PENERAPAN GAS TURBINE ENGINE (GTE)

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang sistem penggerak pesawat udara, khususnya mengenai Gas Turbin Engine (GTE). Paparan yang akan disajikan dalam sesi  ini meliputi: Konsep dasar prinsip kerja GTE (GTE fundamentals);  dan Bagian-bagian Gas Turbine Engine (air inlet, compressors, combustion section, turbin section, exhaust). Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB IX. PERBAIKAN DAN PERAWATAN GAS TURBINE ENGINE

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang perbaikan dan perawatan Gas Turbin Engine yang terbagi ke dalam dua bagian utama, yaitu pemeliharaan pada bagian dingin dan pemelihraan pada bagian panas. Pemeliharaan pada bagian dingin difokuskan pada pemeliharaan kompressor, sedangkan pemeliharaan pada bagian panas difokuskan pada pemeliharaan ruang bakar, dan pemeliharaan turbin. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB X.PENERAPAN PRACTICE MAINTENANCE

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang prosedur dalam melakukan pemeriksaan  rivet-rivet  pada proses perawatan dan perbaikan  konstruksi pesawat udara; pemeriksaan Electrical Cables and Connectors; dan  proses Inspection terhadap swaging (rigging) and fitting pada Control Cable. Pada proses pemeriksaan rivet-rivet, disajikan informasi tentang jenis-jenis rivet, jenis-jenis sambungan rivet, peralatan riveting, prosedur riveting dan prosedur pembongkaran rivet. Pada paparan materi kedua tentang pemeriksaan Electrical Cables and Connectors, disajikan informasi tentang pemeriksaan kabel dan konektor. Adapun paparan materi ketiga berisi informasi tentang sistem kabel dalam pengoperasian sistem kemudi, dan pengecekan rigging. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

 

BAB XI. PELAKSANAAN PEKERJAAN SHEET METAL, WELDING, BRAZING, SOLDERING, BONDING, DAN COMPOSIT

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang beberapa jenis pekerjaan yang terkait dengan pekerjaan sheet metal, proses pengelasan, proses brazing, proses soldering, proses bonding. Selain itu disajikan juga informais tentang komposit yang saat sekarang banyak digunakan pada struktur pesawat udara karena beberapa karakteristik yang dimilikinya. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB VII. PERAWATAN DAN PERBAIKAN AIRCRAFT SYSTEM

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang  perawatan dan perbaikan pada sistem yang ada di pesawat udara, khususnya tentang perawatan dan perbaikan pada sistem hidrolik, perawatan fire protection, dan perawatan Ice and Rain Protection System. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.