Daftar Sekarang
Total Rating : 0 / 0 Orang

Fasilitator

Peserta Terbaru

Geografi


Peserta: 1 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Kelas online ini berisikan materi pembelajaran Kompetensi Profesional Geografi. Berisikan IX (sembilan) Bab yang berupa bacaan dan dan latihan ujian yang dikembangkan oeh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan LPTK. 


Materi Pelajaran


BAB I. PENGETAHUAN DASAR DAN PENELITIAN GEOGRAFI

Dalam bab ini peserta akan belajar pengetahuan dasar dan penelitian geografi yang meliputi pengertian geografi, objek studi geografi, tema-tema kajian geografi, prinsip geografi dan langkah-langkah penelitian geografi. Unduh dan baca bahan bacaan yang ada kemudian ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB II. DINAMIKA PLANET BUMI

Dalam bab ini peserta akan belajar mengenai sifat fisik bumi dan dinamika planet bumi yang meliputi gerakan bumi, tenaga endogen dan tenaga eksogen dan mitigasi bencana alam. Unduh dan baca bahan bacaan yang ada kemudian ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB III HIDROSFER

Dalam bab ini peserta akan belajar mengenai hidrosfer yang terdiri dari  siklus air, persebaran air di muka bumi yang terdiri dari samudera dan pearairan darat. Unduh dan baca bahan bacaan yang ada kemudian ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB IV ATMOSFER

Dalam bab ini peserta akan belajar mengenai atmosfer yang terdiri dari struktur lapisan atmosfer, cuaca dan iklim. Unduh dan baca bahan bacaan yang ada kemudian ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB V PERPETAAN, PENGINDERAAN JAUH, DAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG)

Dalam bab ini peserta akan belajar mengenai atmosfer yang terdiri dari perpetaan yang meliputi perpetaan, penginderaan jauh dan sistem informasi geografis. Unduh dan baca bahan bacaan yang ada kemudian ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB VI BIOSFER

Dalam bab ini peserta akan belajar mengenai Faktor-faktor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna, Persebaran flora, Persebaran fauna. Unduh dan baca bahan bacaan yang ada kemudian ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB VII KEPENDUDUKAN

Dalam bab ini peserta akan belajar mengenai Dinamika Penduduk, mobilitas penduduk dan teori-teori yang menjelaskannya, serta permasalaha kependudukan di Indonesia. Unduh dan baca bahan bacaan yang ada kemudian ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB VIII LINGKUNGAN HIDUP, SUMBERDAYA ALAM, DAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN

Dalam bab ini peserta akan belajar mengenai komponen-komponen lingkungan hidup, suberdaya alam, yang meliputi klasifikasi sumberdaya alam, potensi sumberdaya alam, pembangunan berkelanjutan, dan kearifan lokal. Unduh dan baca bahan bacaan yang ada kemudian ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB IX INTERAKSI DESA-KOTA

Dalam bab ini peserta akan belajar mengenai Menganalisis pola persebaran dan interaksi spasial antara desa dan kota, pola persebaran dan interaksi spasial antar wilayah. Unduh dan baca bahan bacaan yang ada kemudian ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.