PLPG 2016 - JASA BOGA


Peserta: 184 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Sumber belajar online ini berisikan materi pembelajaran Jasa Boga. Terdiri dari 11 pokok bahasan, berupa bacaan dan latihan ujian online. Dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan LPTK.


Materi Pelajaran


BAB I IPA TERAPAN

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang Menerapkan konsep dan prosedur IPA Terapan untuk menganalisis proses kimia dan fisika yang terjadi saat menyiapkan dan mengolah makanan.. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB II PARIWISATA

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang penerapan menganalisis bidang pariwisata meliputi usaha-usaha daya tarik wisata, dampak dan kondisi industri pariwisata, jenis dan karakteristik wisatawan nusantara dan mancanegara. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB III SANITASI, HYGIENE DAN KESELAMATAN KERJA

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang memahami dan menerapkan sanitasi, hygiene dan keselamatan kerja meliputi: resiko hygiene (keracunan dan kerusakan makanan) di tempat kerja, jenis-jenis kecelakaan kerja dan akibatnya.. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB IV PENGETAHUAN BAHAN MAKANAN

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang menerapkan dan menganalis bahan makanan meliputi: bahan dari daging dan hasil olahannya, sayuran, buah-buahan, bumbu, rempah dan bahan minuman (kopi, teh dan coklat). Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB V BOGA DASAR

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang, Mendeskripsikan peralatan pengolah makanan (alat masak dan pesawat masak), Mendeskripsikan potongan bahan makanan, Menjelaskan berbagai teknik pengolahan makanan, Menganalisis garnish makanan dan minuman berdasarkan jenis dan karakteristiknya, Menganalisis bumbu dasar dan turunannya pada masakan Indonesia. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB VI PENGETAHUAN GIZI

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang penerapan Mendeskripsikan zat gizi sumber zat energi/tenaga (karbohidrat dan lemak) yang diperlukan tubuh, Mendeskripsikan zat gizi sumber zat pembangun yang diperlukan tubuh, Menjelaskan menu seimbang. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB VII TATA HIDANG

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang penerapan Memilih peralatan makan dan minum, alat hidang serta lenan, Menganalisis penataan meja (table set up) dan meja persediaan (side board),Menentukan penataan meja prasmanan (buffet), Mengevaluasi layanan makan minum di kamar. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB VIII PENGOLAHAN MAKANAN KONTINENTAL

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang Mendeskripsikan ruang lingkup, pola susunan menu dan karakteristik makanan kontinental, Menganalisis makanan pembuka (appetizer), Menganalisis salad, Mendeskripsikan hidangan dari daging, Menganalisis makanan penutup (dessert). Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB IX PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN MAKANAN INDONESIA

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang Menjelaskan pengertian, jenis, karakteristik soto Indonesia, Membedakan hidangan dari nasi, Mendeskripsikan hidangan dari mie. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB X HIDANGAN KESEMPATAN KHUSUS DAN FUSION FOOD

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang Mendeskripsikan hidangan untuk kesempatan khusus, Mengevaluasi makanan pembuka dengan teknik fusion (fusion Food), Mengevaluasi kue dengan teknik fusion. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB XI PENGELOLAAN USAHA BOGA

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang Menganalisis berbagai usaha jasa boga, Memahami promosi dan pemasaran produk boga, Memahami pengemasan produk jasa boga, Merencanakan usaha jasa boga. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.