PLPG 2016 - Teknologi Informasi dan Komunikasi


Peserta: 1413 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Sumber belajar online ini berisikan materi pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Terdiri dari 9 pokok bahasan, berupa bacaan dan latihan ujian online. Dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan LPTK


Materi Pelajaran


Bab I. Dasar Penggunaan Komputer

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang mengidentifikasi dan mengoperasikan komputer PC. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Bab II. Aplikasi Perangkat Lunak Pengolah Kata

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang mengoperasikan perangkat lunak pengolah kata. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Bab III. Aplikasi Perangkat Lunak Lembar Sebar

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang mengoperasikan lembar sebar (spread sheet). Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Bab IV. Perangkat Lunak Basis Data

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang mengoperasikan perangkat lunak basis data. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Bab V. Aplikasi Perangkat Lunak Presentasi

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang mengoperasikan perangkat lunak presentasi. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Bab VI. Pemanfatan TIK dalam Materi pembelajaran dan Media Komunikasi

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam disiplin atau materi pembelajaran lain dan sebagai media komunikasi meliputi:

Koneksi internet

Web browser

Searching dan browsing

Email

Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Bab VII. EULA (End User Licence Agreement) dan Penggunaan Perangkat Lunak Secara Legal

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang Memahami EULA (End User Licence Agreement) dan keterbatasan serta keluasan penggunaan perangkat lunak secara legal dengan materi meliputi:

Perkembangan perangkat keras dan lunak

EULA

Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan

Bab VIII. Pemrograman Berorientasi Objek

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang Pemrograman berorientasi obyek (Inggris: obyek-oriented programming disingkat OOP) merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada obyek. Ini adalah jenis pemrograman di mana programmer mendefinisikan tidak hanya tipe data dari sebuah struktur data, tetapi juga jenis operasi (fungsi) yang dapat diterapkan pada struktur data. Dengan cara ini, struktur data menjadi obyek yang meliputi data dan fungsi. Selain itu, pemrogram dapat membuat hubungan antara satu benda dan lainnya.

Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Bab IX. Pemeliharaan dan Troubleshooting Komputer

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang Merakit, menginstalasi, men-setup, memelihara dan melacak serta memecahkan masalah (trouble-shooting) pada komputer personal dan jaringan computer.

Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.