PLPG 2016 - ANALIS KESEHATAN


Peserta: 148 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


kelas on line ini berisikan materi pembelajaran kompetensi profesional Analis Kesehatan. Terdiri dari 14 pokok bahasan berupa bacaan dan latihan ujian online. Dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan LPTK.


Materi Pelajaran


Bab 1. Morfologi, Klasifikasi dan Reproduksi Bakteri

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang MORFOLOGI, KLASIFIKASI DAN REPRODUKSI BAKTERI dan CARA INFEKSI BAKTER. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Bab 2. Cara Fiksasi dan Pewarnaan pada Bakteri

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang elajar tentang Pewarnaan Sederhana, Pewarnaan Gram, Pewarnaan tahan asam. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Bab 3. Cara Sterilisasi Bakteri

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang cara-cara sterilisasi dan Disinfeksi pada bakteri. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Bab 4. Media Pertumbuhan Bakteri

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang Media Pertumbuhan Bakteri, Bentuk, Susunan, Dan Sifat Media. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Bab 5. Cara Pengambilan dan Pengiriman Sample Bakteriologis

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang Tahap menguasai bagaimana Awal Pemeriksaan dan Jenis Spesimen, Penyiapan Pemeriksaan Spesimen dari Pasien, Pengambilan dan Pengolahan awal spesimen (bahan pemeriksaan dari kulit, konjungtiva, Telinga, Tenggorokan, Saluran pencernaan, Biakan darah, Saluran kemih), Pengangkutan spesimen dan Penerimaan spesimen untuk pemeriksaan. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Bab 6. Isolasi, dan Identifikasi Hasil Inokulasi Sample pemeriksanaan Bakteriologi

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang Konsep Biakan Murni, Postulat Koch, Teknik Pengenceran Suspensi Bakteri, Teknik Isolasi bakteri, Tahap-tahap Identifikasi Bakteri, Medium  Biakan, dan tentang Mikroskop. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Bab 7. Uji Fisika, Kimia, Serologi Terhadap Bakteri

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang Uji Fisika, Kimia, Serologi Terhadap Bakteri yang terdiri dari Uji Hidrolisis Pati, Hidrolisis Lipid, Hidrolisis Kasein, Hidrolisis Gelatin, Fermentasi Karbohidrat, Tes Katalase, Reaksi Susu Litmus, Tes Indole, Tes Metil Red- Voges Proskauer  (MR-VP), Tes Sitrat, serta   Uji Serologis—Reaksi Aglutinasi Widal. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Bab 8. Uji Resistensi Bakteri Terhadap Antibiotika

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang Fenomena Resistensi, Uji Resistensi,  Mekanisme Resistensi, resistensi antimikroba, perbedaan antara resistensi antibiotik dan antimikroba. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Bab 9. Uji Bakteri dalam Sample Air, Makanan, dan Minuman

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang Uji Bakteri dalam Sample Air, Makanan, dan Minuman yang terdiri dari Menghitung Total Bakteri, Metode   hitungan   cawan, Pemeriksaan Awal Sampel, Pemeriksaan Awal Pembusukan melalui Uji Eber, Uji Postma, dan Uji H2S. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Bab 10. Parasitologi Klinik

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang Parasitologi Klinik yaitu tentang parasit dan klasifikasinya yang berhubungan dengan kesehatan, berbagai jenis parasit pada manusia dengan siklus hidupnya,serta jenis - jenis protozoa, helmint, jamur dan parasit lainnya pada tubuh manusia. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Bab 11. Pengambilan Sample Urin, Feces, Darah, dan Bagian Tubuh Lainnya Untuk Pemeriksaan Parasit

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang tentang parasit dan klasifikasinya yang berhubungan dengan kesehatan, berbagai jenis parasit pada manusia dengan siklus hidupnya,serta jenis - jenis protozoa, helmint, jamur dan parasit lainnya pada tubuh manusia. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Bab 12. Klasifikasi dan Morfologi Serangga Sebagai Vector Penyebab Penyakit pada Manusia

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang Serangga Parasit Dan Usaha Pencegahan Dan Pengobatan Penyakit Akibat Parasit. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Bab 13. Biokimia Darah Dan Pemeriksaan Darah

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang Ukuran diameter sel darah merah, Indeks Eritrosit, Jenis-jenis Anemia dan Pemeriksaan lab, Uji Daya Tahan Osmotik Terhadap Sel Darah, Pemeriksaan Darah Samar, dan Tes Fungsi Ginjal.. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Bab 14. Konsep Dasar Immunologi Dan Pemeriksaan Serologi

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang Konsep dasar immunologi, macam - macam antigen dan antibodi,kekebalan tubuh terhadap penyakit, mekanisme pertahanan eksternal, mekanisme pertahanan internal (resistensi inang nonspesifik), Jenis–jenis pemeriksaan imunologis/ serologis, dan hipersensitivitas. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.