Daftar Sekarang
Total Rating : 0 / 0 Orang

Fasilitator

Peserta Terbaru

ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SMP


Peserta: 0 Orang  Pendaftaran: Ditutup 


Kelas ini menyajikan sumber belajar IPA beserta soal-soal latihan bagi peserta Sertifikasi Guru IPA SMP. Sumber belajar terdiri atas enam belas Bab yang menguraikan materi Fisika, Kimia, dan Biologi untuk guru SMP. Dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan LPTK


IPA

Materi Pelajaran


BAB 1 SATUAN DAN PENGUKURAN

Pada bab ini diuraikan materi tentang satuan dan pengukuran yang menguraikan tentang konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi, serta pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran 

BAB 2 KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

Pada bab ini diuraikan tentang prosedur pengklasifikasian makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup sebagai bagian kerja ilmiah,serta mengklasifikasikan berbagai makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup berdasarkan ciri yang diamati. Lebih lengkapnya, silahkan mengunduh materi berikut: IPA BAB 2 KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP.pdf 

BAB 3 SEL, JARINGAN DAN REPRODUKSI TUMBUHAN

Setelah membaca materi ini, guru peserta dapat:

1. Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme, serta komposisi utama penyusun sel.

2. Menjelaskan keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta berbagai pemanfaatannya dalam teknologi yang terilhami oleh struktur tersebut.

3. Memahami reproduksi pada tumbuhan dan  hewan, sifat keturunan, serta kelangsungan makhluk hidup. 

BAB 4 KLASIFIKASI MATERI DAN PERUBAHANNYA

Setelah mempelajari materi ini, guru peserta diharapkan dapat:

1. Memahami karakteristik zat, serta perubahan fisika dan kimia pada zat yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari.

2. Mendeskripsikan keterkaitan sifat bahan dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, serta pengaruh pemanfaatan bahan tertentu terhadap kesehatan manusia.

3. Mendeskripsikan atom dan partikel penyusunnya, ion dan molekul, serta hubungannya dengan karakteristik bahan/material yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari

 

BAB 5 ENERGI DAN KALOR DALAM SISTEM KEHIDUPAN

Kompetensi yang diharapkan dicapai oleh guru peserta setelah membaca materi ini adalah:

1. Mengenal konsep energi, berbagai sumber energi, energi dari makanan, transformasi energi, respirasi, sistem pencernaan makanan, dan fotosintesis.

?2. Memahami konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor,dan penerapannya dalam mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan serta dalam kehidupan sehari-hari.

BAB 6 EKOLOGI DAN EKOSISTEM

Kompetensi yang diharapkan dicapai oleh guru peserta adalah:

  1. Mendeskripsikan interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya.
  2. Memahami pentingnya tanah dan organisme yang hidup dalam tanah untuk keberlanjutan kehidupan.

BAB 7 GERAK PADA MAKHLUK HIDUP DAN TAK HIDUP

Kompetensi yang diharapkan dicapai oleh guru peserta adalah:

  • Memahami gerak lurus, dan pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton, serta penerapannya pada gerak makhluk hidup dan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
  • Memahami tekanan pada zat cair dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari untuk menjelaskan tekanan darah, difusi pada peristiwa respirasi, dan tekanan osmosis

BAB 8 SISTEM ORGAN DAN SISTEM EKSKRESI

Kompetensi yang diharapkan dicapai oleh guru peserta adalah:

  1. Mendeskripsikan sistem pencernaan serta keterkaitannya dengan sistem pernapasan, sistem peredaran darah, dan penggunaan energi makanan.
  2. Menjelaskan struktur dan fungsi sistem ekskresi pada manusia dan penerapannya dalam menjaga kesehatan diri. 

BAB 9 ZAT ADITIF DAN ADIKTIF SERTA SIFAT BAHAN DAN PEMANFAATANNYA

Kompetensi yang diharapkan dicapai oleh guru peserta adalah:

  1. Mendeskripsikan zat aditif (alami dan buatan) dalam makanan dan minuman (segar dan dalam kemasan), dan zat adiktif-psikotropika serta pengaruhnya terhadap kesehatan.
  2. Mendeskripsikan keterkaitan sifat bahan dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, serta pengaruh pemanfaatan bahan tertentu terhadap kesehatan manusia.

 

BAB 10 LISTRIK DAN KEMAGNETAN

Kompetensi yang diharapkan dicapai oleh guru peserta adalah:

1. Mendeskripsikan karakteristik rangkaian listrik, transmisi energi listrik, sumber-sumber energi listrik alternatif (termasuk bioenergi), berbagai upaya dalam menghemat energi listrik, serta penggunaan teknologi listrik di lingkungan sekitar.

2.Memahami konsep listrik statis, muatan listrik, potensial listrik, hantaran listrik, kelistrikan pada sistem syaraf  dan contohnya pada hewan-hewan yang mengandung listrik.

3.  Mendeskripsikan konsep medan magnet, induksi elektro magnetik, dan penggunaannya dalam produk teknologi, serta pemanfaatan medan magnet dalam pergerakan/navigasi hewan untuk mencari makanan dan migrasi

BAB 11 PEWARISAN SIFAT MAKHLUK HIDUP

Kompetensi yang diharapkan dicapai oleh guru peserta adalah:

  1. Mengidentifikasi proses dan hasil pewarisan sifat serta penerapannya dalam pemuliaan mahluk hidup.
  2. Mendeskripsikan struktur dan fungsi sistem reproduksi pada manusia, kelainan dan penyakit  pada sistem reproduksi dan penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi.

BAB 12 BIOTEKNOLOGI

Kompetensi yang diharapkan dicapai oleh guru peserta adalah:

  1. Mengaplikasikan proses bioteknologi dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Merumuskan konsep bioteknologi berdasarkan contoh proses produksi pangan.

BAB 13 GELOMBANG, BUNYI, DAN OPTIK

Kompetensi yang akan dicapai oleh guru peserta adalah:

  1. Memahami konsep getaran, gelombang, bunyi, dan pendengaran, serta penerapannya dalam sistem sonar pada hewan dan dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan, serta aplikasinya untuk menjelaskan penglihatan manusia, proses pembentukan bayangan pada mata serangga, dan prinsip kerja alat optik.

BAB 14 SISTEM TATA SURYA

Kompetensi yang diharapkan dicapai oleh guru peserta adalah:

  1. Mendeskripsikan struktur bumi untuk menjelaskan fenomena gempa bumi dan gunung api, serta tindakan yang diperlukan untuk menanggulanginya.
  2. Mendeskripsikan gerakan bumi dan bulan terhadap matahari serta menjelaskan perubahan siang dan malam, peristiwa gerhana matahari dan gerhana bulan, perubahan musim serta dampaknya bagi kehidupan di bumi.
  3. Mendeskripsikan karakteristik matahari, bumi, bulan, planet, benda angkasa lainnya dalam ukuran, struktur, gaya gravitasi, orbit, dan gerakannya, serta pengaruh radiasi matahari terhadap kehidupan di bumi.

BAB 15 POPULASI PENDUDUK

Kompetensi yang diharapkan dicapai oleh guru peserta adalah:

Mendeskripsikan penyebab perkembangan penduduk dan dampaknya bagi lingkungan.

BAB 16 PENCEMARAN LINGKUNGAN DAN PEMANASAN GLOBAL

Kompetensi yang diharapkan dicapai oleh guru peserta adalah:

1. Mendeskripsikan pencemaran dan dampaknya bagi makhluk hidup

2. Mendeskripsikan tentang penyebab terjadinya pemanasan global dan dampaknya bagi ekosistem