PLPG 2016 - BUDIDAYA PERIKANAN


Peserta: 78 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Sumber belajar online ini berisikan materi pembelajaran Budidaya Perikanan. Terdiri dari 5 pokok bahasan, berupa bacaan dan latihan ujian online. Dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan LPTK.


Materi Pelajaran


Bab I. Budidaya Perairan

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang  peranan budidaya perairan secara umum, prinsip dan pengembangan budidaya perairan, serta integrasi sistem budidaya perairan. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Bab II. Pengelolaan Kualitas Air

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang hubungan timbal balik antara berbagai macam parameter kualitas air, dan menganalisis kondisi optimal parameter fisika, kimia, dan biologi perairan dalam proses budidaya. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Bab III. Penyakit dan Hama Pada Budidaya Ikan

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang klasifikasi penyakit infeksi dan noinfeksi pada ikan berdasarkan penyebabnya, serta menganalisis gejala serangan penyakit dan tehnik penanganan penyakit pada komoditas budidaya. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Bab IV. Produksi Pakan Buatan

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang jenis-jenis bahan pakan, merancang dan mengevaluasi efektivitas dan efesiensi pengembangan bahan baku, perhitungan formulasi pakan sesuai kebutuhan energi ikan, peralatan pembuatan pakan, dan mengevalusi hasil pengujian pakan secara fisik. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Bab V. Pakan Alami Pada Budidaya Ikan

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang klasifikasi fitoplankton dan zooplankton, merancang metode pembibitan pakan alami skala laboratorium, serta menentukan laju pertumbuhan dan evaluasi hasil kultur pakan alami. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Bab VI. Teknik Pembenihan Ikan

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang prinsip-prinsip penyediaan calon induk, mmerancang rekayasa percepatan pematangan gonad, menganalisis sifat dan karakteristik telur ikan, mengelola pakan pendederan ikan, serta rekayasa pemijahan ikan. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Bab VII. Teknik Pembesaran Ikan

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang faktor-faktor yang mempengaruhi rekayasa pembesaran ikan, prinsip panen, pasca panen, dan pengakutan ikan. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.