PLPG 2016 - Keperawatan Gigi


Peserta: 28 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Sumber belajar online ini berisikan materi pembelajaran Kompetensi Profesional Keperawatan Gigi, yang mencakup 10 (sepuluh) bab berisi uraian materi pembelajaran disertai latihan-latihan soalnya. Dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan LPTK
 


Materi Pelajaran


Bab I. Administrasi Pelayanan Kesehatan Gigi

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang menguraikan pekerjaan administrasi pelayanan kesehatan gigi secara teliti dan efisien. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Bab II. Komunikasi Interpersonal

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang menguraikan tentang komunikasi interpersonal. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Bab III. Pengoperasian Alat Penunjang

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang beberapa prosedur pengoperasian alat penunjang. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Bab IV. Pengelolaan Bahan-Bahan Kedokteran Gigi

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang pengelolaan bahan-bahan dan obat kedokteran gigi, meliputi penyiapan, penyimpanan, hingga proses transfering pada saat tindakan perawatan gigi berlangsung. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Bab V. Teknik Manipulasi Bahan Kedokteran Gigi

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang menguraikan cara-cara manipulasi bahan-bahan yang digunakan dalam praktek kedokteran gigi. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Bab VI. Konsep Asistensi Dental

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang  langkah-langkah asistensi dental yang baik dan efektif. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Bab VII. Komunikasi Terapeutik

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang konsep-konsep komunikasi terapeutik, khususnya dalam bidang kedokteran gigi. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Bab VIII. Pemeliharaan Alat-Alat Kedokteran Gigi

Dalam bab ini akan diuraikan berbagai macam upaya yang dilakukan dalam pemeliharaan alat-alat kedokteran gigi. Unduh dan baca bahan bacaan yang tersedia, kemudian kerjakan soal-soalnya untuk mengukur pemahaman Anda tentang bab ini.

Bab IX. Penanganan Kegawatdaruratan Gigi Dan Mulut

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang berbagai tindakan yang harus dilakukan dalam mengatasi situasi emergency yang dapat terjadi selama perawatan atau tindakan yang berkenaan dengan gigi dan mulut. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

Bab X. Sterilisasi Dan Desinfeksi

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang kegiatan sterilisasi dan desinfeksi yang biasa dilakukan dalam aktivitas kedokteran gigi. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.