Kelas A Angkatan 2021 SISTEM DIGITAL


Peserta: 36 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Kelas pembelajaran online MK Sistem Digital

Materi Pelajaran


PERT 1 KULIAH PERDANA

Kuliah perdana via zoom tentang pengenalan MK Sistem Digital

PERT 2 SISTEM BILANGAN


 

Sistem bilangan adalah cara menuliskan kode atau simbol yang digunakan untuk menerangkan suatu bilangan. Sistem bilangan yang umum dipakai dalam sistem digital adalah sistem bilangan desimal, biner, oktal, dan heksadesimal.

PERT 3 KONVERSI BILANGAN DESIMAL KEBILANGAN BINER DAN SEBALIKNYA

Cara Konversi Bilangan Desimal ke Bilangan Biner dan sebaliknya – Bilangan Desimal dan Bilangan Biner merupakan dua bilangan yang sering digunakan dalam elektronika digital sehingga sangat penting bagi kita untuk memahami dan mengetahui cara konversi kedua bilangan tersebut. Sistem bilangan Desimal yang merupakan sistem bilangan yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari ini adalah sistem bilangan yang berbasis 10 (sepuluh) sedangkan Sistem Bilangan Biner (Binary) adalah sistem bilangan yang berbasis 2 (dua) yang digunakan pada semua rangkaian elektronika digital.

PERT 4 BILANGAN HEKSADESIMAL

Bilangan hexadesimal (basis 16). Hexa berarti 6 dan Desimal berarti 10 adalah jenis sistem bilangan yang terdiri dari 16 simbol yaitu: 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, A(10), B(11), C(12), D(13), E(14), dan F(15). Berbeda dengan ke tiga sistem bilangan yang telah dibahas. Sistem bilangan hexadesimal memadukan 2 unsur yaitu angka dan huruf.

PERTEMUAN 5 BILANGAN OKTAL DAN ARITMATIKA BINER

BILANGAN OKTAL DAN ARITMATIKA BINER

Bilangan Oktal  Adalah sistem bilangan yang berbasis 8 dan mempunyai delapan simbol bilangan yang berbeda 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7 kolom oktal pada suatu bilangan menunjukkan eksponen dengan basis 8

Aritmatika Biner 

Operasi Operasi aritmatika aritmatika untuk bilangan bilangan biner dilakukan dilakukan dengan cara hampir sama dengan opersai opersai aritmatika aritmatika untuk bilangan bilangan desimal desimal. Penjumlahan Penjumlahan, pengurangan pengurangan, perkalian perkalian dan pembagian pembagian dilakukan dilakukan digit per digit. per digit. 

Kelebihan Kelebihan nilai suatu digit pada proses penjumlahan penjumlahan dan perkalian perkalian akan menjadi menjadi bawaan (carry) yang (carry) yang nantinya nantinya ditambahkan ditambahkan pada digit sebelah sebelah kirinya kiriny

PERTEMUAN 6 GERBANG LOGIKA

Pengertian Gerbang Logika Dasar dan Jenis-jenisnya– Gerbang Logika atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Logic Gate adalah dasar pembentuk Sistem Elektronika Digital yang berfungsi untuk mengubah satu atau beberapa Input (masukan) menjadi sebuah sinyal Output (Keluaran) Logis. Gerbang Logika beroperasi berdasarkan sistem bilangan biner yaitu bilangan yang hanya memiliki 2 kode simbol yakni 0 dan 1 dengan menggunakan Teori Aljabar Boolean.

PERTEMUAN 7 SIMULASI RANGKAIAN DIGITAL

Praktek Gerbang Logika Menggunakan Aplikasi Simulasi LiveWire

PERTEMUAN 8 MID SEMESTER

MID SEMESTER GENAP 2021/2022