Kelas IV Tema 9 Subtema 1 PB 5-6


Peserta: 26 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 5 

Ayo bernyanyi

Keselarasan hubungan antara manusia dengan lingkungan dapat digambarkan melalu berbagai bentuk dan cara salah satunya dengna lagu. Banyak lagu yang bertemakan lingkungan, salah satunya lagu berjudul "Hijau Rumahku Hijau Bumiku"

Dengarkan baik-baik lagunya ya!

Ayo Membaca

Kegiatan Ekonomi Masyarakat yang tergantung kepada sumber daya alamnya

1. Masyarakat Daerah Pantai

Pantai merupakan batas pertemuan antara daratan dengan lautan. Pantai menyuguhkan pemandangan yang sangat indah 


 

Pantai menjadi sumber daya alam yang berharga bagi Indonesia. Indoensia memiliki banyak pantai yang terbentang dari sabang sampai merauke.

Kegiatan ekonomi utama masyarakat di sekitar pantai adalah sebagai nelayan. namun oleh karena pemandangan di pantai sangat indahmakan berkembanglah sekotor pariwisata, kompleks pertokoan, penginapan dan hotel serta jasa pemandu wisata dan penyewaan alat menyelam menajadi usaha ekonomi baru masyarakat di pesisir pantai. 

2. Masayarkat Daerah Laut 

Potensi perikanan lau Indonesia sangatlah besar. Hal ini karena sebagaian besar wilayah Indonesai adalah lautan. Laut memiliki banyak potensi. Kita bisa memanfaatkan berbagai hasil laut seperti ikan, mutiara, kerang, kepiting, udang dan rumput laut. di laut juga ada kegiatan penyebrangan sumber energi minyak bumi


 

kita juga bisa memanfaatkan laut sebagai wisata bahari. Kalau kita mnyelam, kita bisa menyaksikan keindahana laut. bebrapa daerah yang memiliki keindahan bawah laut seperti Raqja Ampat di Papua dan Bunaken di Sulawesi Utara.

3. Masayarakat Daerah Sungai 

Sungai merupakan lingkungan alam yang sangat penting. Bagi sebagian orang, sungai dipergunakan sebagai sumber air bagi kehdiuapannya. Namun bagi sbeagai orang lain sungai juga dimanfaatkan sebagai sumber pengairan bagi pertanian. sugnai juga di bendung dapat dialirkan ke sawah-sawah.


 

Sungai juga menjadi jalur trasportasi bagi masyarakat. Ada salah satu usaha ekonomi yang memanfaatkan sungai yaitu dengan mendirikan pasar terapung. Pasar jenis ini dapat ditemukan di Sungai Barito, Banjarmasin. Semua usaha jual beli dilakukan di atas perahu. Oleh karena keunikannya pasar ini juga menjadi objek wisata. 

4. Masayarakt dataran Tinggi

Dataran tinggi merupakan wilayah dataran yang memiliki ketinggian lebih dari 400 meter di atas permukaan air laut. Daerah dataran tinggi baik untuk menanam sayuran dan buah-buahan.


 

Selain sebagai lahan pertanian, dataran tinggi juga merupakan tempat yang cocok untuk tempat wisata, karena daerah dataran tinggi pada umumnya memiliki udara yang bersih, sejuk, dan segar. Contohnya dataran tinggi Dieng, di Wonosobo Jawa Tengah.

5. Masayarakat Dataran Rendah


 

Dataran rendah merupakan bagian dari dataran yang memiliki ketinggian antara 0-200 meter di atas permukaan laut. Seperti dataran tinggi, dataran rendah juga dimanfaatkan sebagai lahan pertanian, Selain itu dataran rendah juga dimanfaatkan sebagai lahan untuk industri, peternakan dan perumahan. 

Baik anak-anak sekarang Isilah tabel di bawah ini!

1  a Kelompokkan aktivitas ekonomi berdasarkan lingkungan alam yang cocok

Pantai Laut Sungai Dataratn Tinggi Dataran Rendah
         
         
         
         
         

1. b. Ceritakan makna lagu "Hijau Rumahku Hijau Bumiku"!

Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 6

Jawablah pertanyaan dibawah ini

1. Sebutkan 5 kewajiban manusia terhadap hutan!

2. Sebtukan 5 kewajiban siswa terhadap sungai

3. Sebutkan 5 kewajiban manusia terhadpa hewan yang terancam punah 

4. sebutkan 5 kewajiban manusia terhadpa pohon 

Selamat Belajar Online 


SD

Materi Pelajaran