Kelas IV Tema 9 Subtema 1 PB 3


Peserta: 28 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


smiley Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 3 smiley

Indonesia adalah bangsa yang memiliki banyak energi . Sumber energi mulai dari minyak dan gas bumi (migas) sampai yang bukan minyak dan gas bumi (nonmigas). Sumber-sumber energi tersebut tersebar di seluruh pulau-pulau yang ada di Indnesia. Kesemuanya harus dimanfaatkan dengan bijak demi kesejahteraan penduduknya.

  1. Sumber energi yang tidak dapat diperbaharui

Sumber energi yang tidak dapat diperbaharui merupakan sumber energi yang akan habis. Sumber energi tersebut tidak dapat diperbaharui lagi. Pada umumnya minya dan gas merupakan sumber energi yang tidak dpaat diperbaharui. Contoh lain adalah batu bara, gas alam dan hasil tambang lainnya.


 

Minyak bumi dan batu bara merupakan sumber energi yang berasal dari tubuhan dan makhluk hidup yang terpendam selama jutaan tahun.

Minyak bumi dan batu bara akan habis jika digunakan secara terus menerus. Dibutuhkan waktu berjuta-juta tahun agar minyak bumi dan gas alam tersedia lagi.

  1. Sumber energi yang dapat diperbaharui

Sumber energi yang dapat diperbarui merupakan sumber energi yang tidak akan habis meskipun digunakan secara terus menerus. Sumber energi ini dapat memperbarui diri. Ada pulasumber energi yang bisa diusahakan atau dibuat oleh manusia. Meskipun demikain kita tetap harus bijak dan hemat dalam menggunakannya contoh sumeber energi ini adalah matahari, air, hewan dan tumbuhan.

 

Matahari merupakan sumber energi terbesar bagi bumi. Energi matahari tidak akan pernah habis digunakan. Energi matahari bermanfaat bagi seluruh alam terutama makhluk hidup.


 

Manfaat sinar matahari bagi manusia yaitu mengeringkan pakaian, sumber energi panel surya, untuk kesehatan tulang dan sumber vitamin D serta untuk membakar Lemak. Manfaat sinar matahari bagi hewan yaitu untuk menghangatkan tubuh, sumber pencaharian untuk mencari makan, membantu proses pertumbuhan  dan menguatkan tulang. Manfaat sinar matahari bagi alam yaitu untuk menerangi bumi, menghangatkan suhu bumi, berperan dalam proses terjadinya hujan, dan mengatur tata surya. Manfaat matahari bagi tumbuhan yaitu untuk membantu proses fotosintesis dan mengeringkan tanah agaqr tanaman tidak busuk.

Pendalaman Materi

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat wawancara menggunakan bahasa baku dan santun, menggunakan pertanyaan singkat dan mudah dipahami, tidak menyela pembicaraan dan memilih narasumebr yang sesuai bidang keahlian.

 

Tugas (IPA, BI, MTK)

Jawablah pertanyaan berikut ini!

  1. Sumber energi dibagi menjadi dua. Sebutkan dan beri penjelasan singkat! 
  2. Sebutkan 3 contoh sumber energi yang kalian ketahui!
  3. Sebutkan 2 manfaat sinar matahari bagi manusia, bagi hewan, bagi tumbuhan dan bagi alam!
  4. Ketika kalian hendak mewawancara orang tua, guru, teman dll. Hal apa saja yang perlu diperhatikan?
  5. Matahari hari ini bersinar sangat terik dan terlihat menyinari atap rumah Edo yang berbentuk segitiga dengan sudut 1300 . Matahari juga menyinari jendela rumah Edo yang berbentuk segi empat dengan masing-masing sudut 900. Matahari juga mengenai atap kandang hewan peliharaan Edo yang berbentuk segitiga dengan sudut 650. Edo mendapat tugas dari guru untuk membuat sudut. Bantulah Edo membuat sudut 1300, 900 dan 650. Tentukan jenis sudutnya!

Selamat Belajar Online


SD

Materi Pelajaran