Kelas IV Tema 9 Subtema 1 PB 2


Peserta: 27 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Menikmati hidup di lingkungan yang nyaman dan asri merupakan hak kita sebagai warga masyarakat. Kita juga mempunyai hak memanfaatkan berbagia sumber energi. Di sisi lain, menjaga  dan melestarikan lingkungan merupakan salah satu kewajiban kita.

Menyediakan ruang terbuka hijau yang ditanami pepohonan bertujuan mengikat air hujan sehingga mencegah terjadinya banjir. Tindakan itu merupakan salah satu bentuk kewajian kita terhadap lingkungan. Kewajiban merupakan sesuatu yang harus dilakukan. Sebaiknya sesuatu yang harus kita lterima disebut hak.

Untuk lebih jelasnya simaklah video berikut!

Menjaga dan melestarikan lingkungan merupakan salah satu kewajiban kita bersama. Kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan alam harus ditumbuhkan sejak kecil. salah satu cara menumbuhkan kesadaran tersebut adalah dengan melakukan pembiasaan dalam kehidupan sehari seperti berhemat air dan membuang sampah pada tempatnya.

Kegiatan penumbuhan kesadaran lingkungan dapat dilakukan dengan kegiatna yang menyenangkan seperti bernyanyi lagu Alam bebas seperti pada Video di atas!.

 Tugas (IPA,PKN, SBdP) 

1. Sebutkan 5 contoh alat elektronik yang menggunakan energi listrik! 

2. Sebutkan 3 manfaat lingkungan bagi keidupan manusia!

3. Apa pengertian hak ? sebutkan  5 contoh hak terhadap lingkungan!

4. Apa pengertian kewajiban? Sebutkan 5 kewajiban terhadap lingkungan!

5. Siapa yang pencipta lagu Alam bebas?

                                 Selamat Bekerja

  

  


SD

Materi Pelajaran