Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 6


Peserta: 15 Orang  Pendaftaran: Ditutup 


TUGAS INDIVIDU SISWA KELAS IV SABTU, 21 MARET 2020

Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku

Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku

Pembelajaran 6

Tulis kembali rangkuman materi Pembelajaran 6 di buku tulismu dengan tulisan yang bagus dan rapi tidak banyak coretan!

      Indonesia merupakan sebuah negara kepualauan dengan wilayahnya yang begitu luas. Masing-masing wilayah memiliki keragaman budaya yang berbeda-beda. Misalnya keragaman cerita rakyat dan lagu daerah. Cerita rakyat dan lagu daerah dari tempat tinggalku sbb:

Aku berasal dari Provinsi Nusa Tenggara Barat. Di NTB terdapat 3 suku yaitu Sasak, Samawa, dan Mbojo atau biasa disebut Sasambo

Aku tinggal di Lombok yang mayoritas penduduknya suku Sasak. Aku lahir di Sumbawa dan besar di Lombok. Aku paham cerita dan lagu daerah NTB

Cerita Rakyat NTB

  1. Legenda Asal Muasal Kerajaan Tangko dari NTB
  2. Putri Mandalika dari Lombok
  3. Batu Golog dari Lombok
  4. Tanjung menangis  dari Sumbawa
  5. Legenda La Hila dari Bima

Lagu Daerah NTB

  1. Tegining Teganang dari Lombok
  2. We Sayang Adi We Sayang dari Sumbawa
  3. Pasapu Monca dari Bima

    Di Pembelajaran 5 kalian sudah menyimak kisah Si Pitung. Nah. Kisah Si Pitung termasuk cerita rakyat sedangkan Injit-Injit semut adalah salah satu lagu daerah Indonesia yang berasal dari Sumatera Timur. Dalam bernyanyi seorang tidak hanya membutuhkan bakat bermain musik saja. Seorang penyanyi harus pula menguasai teknik vocal dengan baik dan benar. Teknik vocal yang baik dan benar akan menciptakan keselarasan dan keharmonisasn antara instrument dan suara yang dihasilkan seorang penyanyi. Teknik vocal adalah cara memproduksi suara yang baik dan benar sehingga suara yang keluar terdengar jelas, indah, merdu, dan nyaring.

      Salah satu teknik vocal yang harus dikuasai adalah intonasi. Intonasi adalah tinggi rendahnya suatu nada yang harus dijangkau dengan tepat. Menyanyikan nada dengan tepat merupakan dambaan setiap orang yang berprofesi sebagai penyanyi. Untuk itu ada beberpa hal yang harus diperhatikan dalam intonasi yaitu relaks, tidak tegang dalam bernyanyi, tidak takut dalam mencapai nada tinggi, percaya diri dan konsentrasi.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

TUGAS SBdp

Buatlah seperti contoh sketsa gambar ini di buku gambar kalian. Warnailah gambar tersebut semenarik mungkin. Buatlah gradasi warna agar gambar terkesan nyata.

Gambar 1


 

Gambar q2


 

Catatan : kalau kesulitan buatnya

Boleh pemandangan lain seperti : suasana pantai, pemandangan desa, langit dan sebagainya. 

Selamat bekerja dan tetap semangat  


SD

Materi Pelajaran


Tanya Jawab

Forum Diskusi untuk siswa dan guru