Pemrograman 2D & 3D Kelas E 2017


Peserta: 45 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Kepada Mahasiswa dihimbau Memasang Foto Profil dan memperbaharui Prodil Akunya

Grafik komputer adalah gambar yang dihasilkan oleh komputer, yang hasilnya sudah sering kita lihat seperti di majalah dan televisi. Disini dibahas bahwa tiap karakter yang dihasilkan diambil dari library dari bentuk karakter yang ada pada memori komputer. Grafik komputer adalah gambar yang dihasilkan oleh komputer, yang hasilnya sudah sering kita lihat seperti di majalah dan televisi. Disini dibahas bahwa tiap karakter yang dihasilkan diambil dari library dari bentuk karakter yang ada pada memori komputer. 


Materi Pelajaran


Pengantar Kuliah

Transformasi dua dimensi adalah suatu model atau teknik memindahkan atau mengubah nilai posisi objek dalam sistem koordinat dua dimensi. pemindahan objek ini dapat diartikan sebagai pemindahan titik. Grafika komputer 3D adalah representasi dari data geometrik 3 dimensi sebagai hasil dari pemrosesan dan pemberian efek cahaya terhadap grafika komputer 2D. Hasil ini kadang kala ditampilkan secara waktu nyata (real time) untuk keperluan simulasi.

Sesi 1: Pemrograman 2D Sederhana

Seperti yang kita ketahui pemrograman 2 dimensi merupakan pemrograman bentuk dan pemodelan menggunakan bahasa program. pada kesmepatan ini kita akan membahas dan mempraktekkan dalambentuk proyek sederhana untuk menghasilkan pemrograman 2D.

Sesi 2: Pertemuan Kelas Online (Presentasi)

Pada kesmepatan sesi 2 ini kita akan melakukan kuliah online, pertemuan tatap muka untuk sementara kita alihkan ke kelas ini tapi tidak mengurangi tujuan pembelajaran yang kita harus capai. Pada pertemuan hari ini 16.3.2020 seharunya sudah melakukan presentasi tugas tetapi karena adanya tanggap wabah Covid-19 untuk sementara kita melakukan blanded leraning. 

Sesi 3: Gambar 2D

Pada pertemuan onlin ekali ini kita akan membahas dan mengerjakan tugas proyek animasi 2D secara individu. Dari hasil pekerjaan kelompok kalian sudah ada gambaran tentang proyek animasi yang akan anda buat, berupa pemrograman 2D diam. 

Pada pertemuan kali ini ada 3 aktivitas yang akan dilakukan, pertama bbahan bacaan, kedua forum diskusi ke tiga penugasan invidu yang anda kerjakan berdasarkan waktu yang telah di tentukan.

Pada Forum diskusi pastikan anda masuk ke forum diskusi ini karena merupakan absensi kehadiran. Anda wajib minimal 1 kali menjawab pertanyaan diskusi dan wajib minimal 1 kali menanggapi jawaban dari rekan anda yang lain. anda juga wajib untuk menjawab pertanyaan atau tanggapan dari dosen/teman anda dari jawaban yang anda berikan. Waktu berdiksui akan di tutup pada jam 10.30 Wita.

Sesi 4: Presentasi Pemrograman Animasi 2D

Di Tunda

 

Pada sesi pekan ini kita akan mengumpulkan presentasi hasil animasi 2D.

Sesi 6: Animasi bentuk 2 Dimensi

Selat siang semoga dalam kodisi sehat-sehat. pada sesi kali ini kita akan melakukan kuliah dengan materi animasi bentuk 2 dimensi dengan mnggunakan Adobe Flash. Beberapa tugas akan anda kerjakan secara mandiri hari ini. Saya yakin hampir sebagian besar sudah pernah menggunakan Adobe Flash untuk membuat sebuah animasi.

Sesi 7: Proyek 3D

Pada kesempatan kali ini anda memiliki proyek yang akan anda kerjakan selama 3 pekan dimulai dari hari ini 13.15.2020 dengan setiap pekan anda wajib melaporkan perkembangan proyek anda sejauh mana. Tentu berbicara 3D merubakan bentuk yang memiliki 3 sumbu X, Y, dan Z. Anda dibebaskan memilih Software Aplikasi pembuat Pemgrograman 3D.  

Anda memiliki tugas proyek membuat sebuah Animasi 3D berkaitan dengan Covid-19 (ingat 3D bukan 2D). Anda dibebaskan untuk berkreasi dan berinprovisasi. Akhir dari proyek ini adalah Laporan Pembuatan yang dimana isinya adalah Pendahuluan, Kajian Teori (Aplikasi yang digunakan dan konsep yang diangkat), Langkah pengembangan 3D, Pembahasan (Tampilan secara umum Pemgrograman Grafis 3D), dan Kesimpulan. Dikerjakan secara individu.