Jaringan Komputer PTIK F 2018


Peserta: 30 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Mata kuliah jaringan komputer ini merupakan mata kuliah wajib yang berjalan di semester ganjil. Pada matakuliah ini anda akan belajar tentang dasar-dasar jaringan komputer. Beberapa sesi/pertemuan akan berjalan setiap pekan baik tatap muka maupun kelas online


Materi Pelajaran


Kontrak Kuliah & Pengantar

ada sesi pertama  ini anda akan membuat sebuah kontrak kuliah dan pengenalan matakuliah. referensi-referensi yang digunakan bisa anda cari dari buku cetak, artikel online dan jurnal yang membahas tentang jaringan komputer.

Pengantar Jaringan Komputer

Jaringan komputer merupakan jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling menukar data. Tujuan dari jaringan komputer ialah agar bisa mencapai tujuannya, pada bagian dari setiap jaringan komupter bisa memberikan serta meminta layanan (service). Pihak yang menerima/meninta layanan disebut dengan klien (client) serta yang melakukan pengiriman/yang memerikan layanan disebut dengan peladen (server). Desain tersebut bernama sistem client-server, serta dipakai pada hampir semua aplikasi jejaring komputer.

Model Referensi OSI & TCP/IP

Model Referensi OSI (Open System Interconnection) merupakan standar dalam protokol jaringan yang dikembangkan oleh ISO (International Standard Organization) . OSI sebagai model referensi yang digunakan sebagai patokan oleh banyak pihak dalam membuat suatu standar protokol komunikasi.

Perangkat Keras Jaringan Komputer

Perangkat Keras Jaringan Komputer adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih komputer dalam jaringan komputer agar setiap komputer yang terhubung dapat saling berbagi data, file, dan sumber daya lainnya.

Pada sesi ini anda akan belajar tentang Perangkat Keras Komputer, silahkan baca bahan bacaan yang sudah disediakan di bawah ini. kemudian ada tugas pertemuan yang akan menjadi tugas anda dan ada tugas mandiri di rumah.