Audio dan Video Editing


Peserta: 59 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Mata kuliah Audio dan Video Editing adalah mat kuliah pilihan yang diprogramkan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer . Silahkan daftar tersebut dahulu dan tunggu approve dari dosen pengampuh.

Materi Pelajaran


Pengantar Mata Kuliah

Salam online mahasiswa, Mata Kuliah Editing dan Video Editing tidak hanya pertemuan tatap muka tetapi juga pertemuan Online di kelas ini. pada sesi ini merupakan pengantar perkuliahan. Seperti biasa awal pertemuan di dengan kontrak kuliah dan pengantar perkuliahan. Untuk kontrak perkuliahan saya yakin semua seperti kontrak sebelum-sebelumnya. Datang Tepat Waktu, Berpakaian rapi dan Sopan, Rambut tidak gondrong, Aktif dalam perkuliahan, dan kehadiran minimal 80% dari total pertemuan, jadi rata-rata ketidak hadiran hanya 3 kali, selebihnya tidak bisa mengikuti UAS dan Nilai langsung Error. Silahkan ikuti instruksi setiap sesi perkuliahan. Jika ada hal teknis penggunaan e-learning ini silahkan masuk ke Forum Diskusi Penggunaan Teknis unm.kelase.id. 

Untuk Akun Mahasiwa, pastikan anda memajang foto anda di foto profil. bukan foto avatar, atau foto rombongan, apalagi foto keluarga. Ini sangat berguna untuk mengidentifikasi diri anda baik dari proses belajara sampai di proses penilaian. Terima kasih.

Sesi 1: Pengantar Editing dan Video Editing

Audio Dalam sistem komunikasi bercirikan video, sinyal elektrik digunakan untuk membawa unsur bunyi. Istilah ini juga biasa digunakan untuk menerangkan sistem-sistem yang berkaitan dengan proses perekaman dan transmisi yaitu sistem pengambilan/penangkapan suara, sambungan transmisi pembawa bunyi, amplifier dan lainnya. Video adalah teknologi pemrosesan sinyal elektronik mewakilkan gambar bergerak. Aplikasi umum dari teknologi video adalah televisi, tetapi dia dapat juga digunakan dalam aplikasi teknik, saintifik, produksi dan keamanan.

Pengantar Adobe Audition

Adobe Audition adalah multitrack digital audio recording, editor dan mixer yang udah digunakan dan memiliki berbagai fasilitas pengolahan suara. Dengan Adobe udition Anda dapat merekam suara, memperbaiki kualitas suara, menambahkan berbagai efek suara, dan menggabungkan dengan berbagai track suara menjadi satu track, dan menyimpannya dalam berbagai format. Adobe Audition banyak digunakan oleh musician recording master, demo cd, produser atau programing stasiun radio. Secara umum Adobe Audition memiliki dua lingkungan yaitu Edit View and Multitrack. View. Edit View sesuai namanya ditujukan terutama untuk menangani editing satu waveform saja pada satu saat. Sementara Multitrack View dapat menangani beberapa waveform sekaligus pada beberapa track. Anda dapat menggunakan kedua lingkungan ini secara bergantian pada tampilan terpisah.

Software Audacity

Audaciti adalah perangkat lunak yang dikembangkan oleh relawan yang ingin menghadirkan audio editor terbaik yang berjalan pada berbagai sistem operasi.

Dengan Audacity, pengguna bisa mengoreksi berkas suara tertentu, atau sekadar menambahkan berbagai efek yang disediakan. Selain itu, pengguna juga dapat berkreasi dengan suara yang dimiliki sendiri.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah fitur dan kestabilan. Pustaka yang digunakan juga tidak terlalu banyak dan waktu tunggunya juga tidak terlalu lama.

Kekurangan dari aplikasi ini adalah antarmuka penggunanya (user interface) yang sedikit kaku apabila dibandingkan dengan aplikasi sejenis di sistem operasi lain.

Software MP3 Direct Cut

MP3 Direct Cut adalah sebuah aplikasi yang ringan untuk mengedit file MP3 langsung, tanpa kehilangan kualitas dari file asli. Kamu dapat menghapus beberapa bagian, mengubah volume, membagi file atau wilayah copy ke beberapa file baru.

Nero WaveEditor

Nero WaveEditor adalah aplikasi yang berukuran kecil, gratis dan sederhana sehingga cocok bagi anda yang pemula terhadap proses editing audio. Anda bisa melakukan proses editing dasar seperti pemotongan, duplikasi, menghapus dan menyisipkan suatu bagian dari audio tersebut dengan mudah. Format audio yang didukung adalah MP3, WAV dan WMA dalam proses audio editingnya.

Adobe Audition

Adobe Audition adalah multitrack digital audio recording, editor dan mixer yang udah digunakan dan memiliki berbagai fasilitas pengolahan suara. Dengan Adobe udition Anda dapat merekam suara, memperbaiki kualitas suara, menambahkan berbagai efek suara, dan menggabungkan dengan berbagai track suara menjadi satu track, dan menyimpannya dalam berbagai format. Adobe Audition banyak digunakan oleh musician recording master, demo cd, produser atau programing stasiun radio. Secara umum Adobe Audition memiliki dua lingkungan yaitu Edit View and Multitrack. View. Edit View sesuai namanya ditujukan terutama untuk menangani editing satu waveform saja pada satu saat. Sementara Multitrack View dapat menangani beberapa waveform sekaligus pada beberapa track. Anda dapat menggunakan kedua lingkungan ini secara bergantian pada tampilan terpisah.

Tugas Editing Audio

Pada kesmepatan ini anda memiliki tugas untuk membuat bebrapa project musik. Ada 2 tugas yang akan anda dapatkan pada kesempatan ini yaitu membuat musik remix dan membuat sebuah kombinasi gitar dan lagu.

Refleksi Video Pad

aplikasi ringan untuk mengedit video yaitu “VideoPad Video Editor”. Aplikasi ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan windows movie maker. Hanya saja aplikasi ini sangat familiar, simple dan ringan. Sangat mudah sekali memahami semua vitur yang ada dalam aplikasi ini. Pada sesi ini kita akan merefleksi Aplikasi Video Pad. 

Praktek Audio & Video Editing

Pada sesi ini merupakan sesi akhir dari iproses perkuliahan. Anda mendapatkan tugas 10 Praktek menggunakan Aplikasi Adobe Premiere Pro CC. Silahkan cermati tugas praktek anda dan jangan lupa mengumpulkan laporannya sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan