Daftar Sekarang
Total Rating : 4.95 / 19 Orang

Fasilitator

Peserta Terbaru

Media Pembelajaran


Peserta: 0 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Mata kuliah pembelajaran adalah mat kuliah wajib yang diprogramkan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro. Silahkan daftar tersebut dahulu dan tunggu approve dari dosen pengempuh

Materi Pelajaran


Pengantar Mata Kuliah

Salam online mahasiswa, Mata Kuliah Media Pembelajaran tidak hanya pertemuan tatap muka tetapi juga pertemuan Online di kelas ini. pada sesi ini merupakan pengantar perkuliahan. Seperti biasa awal pertemuan di dengan kontrak kuliah dan pengantar perkuliahan. Untuk kontrak perkuliahan saya yakin semua seperti kontrak sebelum-sebelumnya. Datang Tepat Waktu, Berpakaian rapi dan Sopan, Rambut tidak gondrong, Aktif dalam perkuliahan, dan kehadiran minimal 80% dari total pertemuan, jadi rata-rata ketidak hadiran hanya 3 kali, selebihnya tidak bisa mengikuti UAS dan Nilai langsung Error. Silahkan ikuti instruksi setiap sesi perkuliahan. Jika ada hal teknis penggunaan e-learning ini silahkan masuk ke Forum Diskusi Penggunaan Teknis unm.kelase.id. 

Untuk Akun Mahasiwa, pastikan anda memajang foto anda di foto profil. bukan foto avatar, atau foto rombongan, apalagi foto keluarga. Ini sangat berguna untuk mengidentifikasi diri anda baik dari proses belajara sampai di proses penilaian. Terima kasih.

Sesi 1: Pengantar Media Pembelajaran

Media dan pembelajaran, media pembelajaran adalah alat bantu dalam proses pembelajaran atau merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan sehingga mampu merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan sehingga menimbulkan minat belajar yang memiliki tujuan.

 

Setelah membaca bahan bacaan, silahkan menjawab pertanyaan di Kuis 1. Waktu anda sampai jam 09.15 untuk menjawab pertanyaan tersebut. Sebelum masuk ke Kuis 1, anda haru membaca bahan bacaan terlebihdahulu.

Karakteristik & Manfaat Media Pembelajaran

Dalam pembelajaran media merupakan salah satu aspek yang mempengaruhi hasil belajar siswa menurut beberapa penelitian yang dilakukan. Sehingga Media Pembelajaran merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang wajib adanya di proses pembelajaran utnuk membantu siswa belajar. Untuk menghasilkan media yang baik maka guru harus mengetahui bagaimana karakteristik media pembelajaran. Pada sesi kali ini kita akan membahas tentang karakteristik Media Pembelajaran.

Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran

Media pembelajaran harus dipilih berdasarkan tujuan instruksional dimana akan lebih baik jika mengacu setidaknya dua dari tiga ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Hal ini bertujuan agar media pembelajaran sesuai dengan arahan dan tidak melenceng dari tujuan. Media pembelajaran juga bukan hanya mampu mempengaruhi aspek intelegensi siswa, namun juga aspek lain yaitu sikap dan perbuatan.Tepat Mendukung Materi yang Bersifat Fakta, Konsep, Prinsip, dan Generalisasi

Pra Ujian Tengah Semester

Pada kesempatan ini anda akan melakukan ujian online pra UTS sebagai prasyarat memasuki UTS. Pastikan anda mahasiwa yang selalu hadir dalam setiap perkuliahan dengan bukti absen. Bekerjalah secara individu dan mandiri untuk menyelesaikan soal-soal yang diberikan.

Model-model Media Interaktif

Ada du jenis media pembelajaran interaktif

COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI), yaitu Pembelajaran dengan bantuan komputer, komputer hanya sebagai alat bantu saja.

COMPUTER BASED INSTRUCTION (CBI), yaitu Sistem Pembelajaran Berbasis Komputer. Sistem pembelajaran individual (individual learning)

Review Penelitian Media Pembelajaran

Salam Online, Selamat pagi rekan-rekan mahasiswa, selamat menjalankan ibadah puasa. Pada sesi ini kita akan melakukankuliah online. Tugas kuliah online ini adalah Review Penelitian Media Pembelajaran:

1. Anda mencari sebuah penelitian (Skripsi/TA/Artikel Jurnal) yang meneliti tentang Media Pembelajaran.

2. Kaji apa latar belakang mengapa melakukan penelitian tersebut!

3. Kaji Kajian teori apa saya yang mereka bahaas dalam penelitian tersebut

4. Kaji bagaimana hasil penelitian media pembelajaran yang digunakan!

5. Bahas hasil review/kajian dari penelitian tersebut latar belakang, kajian teori, dan hasil penelitian dengan membandingkan dengan teori yang ada pada buku Media Pembelajaran/Jurnal berkaitan dengan Media Pembelajaran/Artikel Pendidikan/Penelitian yang Relevan.

6. Tugas dikumpulkan dalam bentuk PDF Hardcopy yang akan di kumpulkan pada 20 Mei 2019, dan Softcopy di upload di Kelas ini.

7. Ujian Akhir Semester akan dilakukan 20 Mei 2019, bawa laptop yang terkoneksi dengan internet. Kita akan melakukan ujian online langsung di kelas.

 

Ujian Akhir Semester

Pada kesmepatan ini kita akan melakukan ujian akhir semester. Pastikan anda memperhatikan waktu pengerjaan.