Multimedia Konversi (Kelas F)


Peserta: 17 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Multimedia Konversi merupakan mata kuliah pilihan berkaitan dengan ilmu multimedia yang akan membahas perubahan sistem danformat data multimedia.


Materi Pelajaran


Pengantar Kuliah

Pada pertemuan ini anda akan diberi pemahaman awal tentang mata kuliah yang akan anda ikuti selama satu semester. Pastikan anda tidak melupa akun dan password anda untuk terus mengiuti perkuliahan. 

Perangkat Keras Multimedia

Pada pertemuan ini anda akan belajar perangkat keras tentang perangkat keras multimedia. Silahkan baca referensi dari beberapa perangkat keras multimedia yang telah menjadi tugas anda.

Jenis Konversi Data Multimedia Video

Jenis Format Video memang cukup banyak, semua tergantung dari kebutuhannya masing-masing. Seperti format video yang digunakan pada layanan streaming YouTube ataupun layanan streaming lainnya. Selain itu, format file yang berbeda-beda juga dipengaruhi dari alat perekamnya, atau kamera yang digunakan untuk merekam video tersebut.
Format file video sendiri, adalah sebuah format file video yang membagi file dalam beberapa kategori, tergantung perangkat perekam dan pemutarnya. Yang sering kita ketahui, jenis format file untuk video antara lain seperti FLV, MP4, AVI, MKV, 3GP, DVD, serta VCD. Kesemua file tadi, belum tentu bisa diputar pada satu perangkat yang sama. Terkadang juga kita membutuhkan perangkat khusus untuk memutar format video tertentu.

Ujian Tengah Semester

Pada kesmepatan ini anda akan melakukan UTS dengan tugas proyek. Tugas kali ini adalah menyatukan semua jenis konversi multimedia dari Text, Audio, Video, Animasi. dan sertakan satu contoh kasus proses konversi.