Multimedia Konversi PTIK F 2018


Peserta: 22 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Multimedia Konversi merupakan mata kuliah pilihan berkaitan dengan ilmu multimedia yang akan membahas perubahan sistem dan format data multimedia.


Materi Pelajaran


Pengantar Kuliah

Pada pertemuan ini anda akan diberi pemahaman awal tentang mata kuliah yang akan anda ikuti selama satu semester. Pastikan anda tidak melupa akun dan password anda untuk terus mengiuti perkuliahan. 

Sumber Daya Produksi Multimedia

Pada sesi ini anda akan belajar tentang sumber daya produksi multimedia baik hardware dan sofware. Secara umum, perangkat multimedia dikelompokkan menjadi dua, yaitu perangkat keras dan perangkat lunak.

Aplikasi Konversi

Pada sesi ini anda akan belajar tentang beberapa aplikasi konversi. pada sesi ini kita akan mengidentifikasi aplikasi apasaja yang biasa digununakan dalam melakukan konversi multimedia.

Proses Produksi & Tahapan dalam Menghasilkan Konten Multimedia

Pada sesi ini anda diharapkan mampu  menjelaskan proses produksi dan tahapan-tahapan dalam menghasilkan konten multimedia.Mahasiswa mampu menjelaskan proses produksi dan tahapan-tahapan dalam menghasilkan konten multimedia.Mahasiswa mampu menjelaskan proses produksi dan tahapan-tahapan dalam menghasilkan konten multimedia.

Multimedia dalam Jaringan

Sistem multimedia berbasis jaringan harus terhubung dengan jaringan yang mempunyai kapasitas bandwidth yang besar. Sistem multimedia berbasis jaringan adalah melakukan sharing sistem dengan pada sumber daya yang sama, dimana komputer yang satu dapat melayani kebutuhan data multimedia dari komputer lain yang terhubung dalam jaringan, sehingga dapat dijalankan aplikasi multimedia terdistribusi, contohnya CSCW (Computer Support Cooperative Work), video conferencing, video broadcast dan lain-lain, kesemuanya difungsikan untuk mengakses data multimedia. Terdapat 3 model transmisi yang digunakan untuk data stream, antara lain;

1. Transmisi Asyncronus

2. Transmisi Syncronus

3. Transmisi Isocronus