Daftar Sekarang
Total Rating : 0 / 0 Orang

Fasilitator

Animasi


Peserta: 3 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib. Merupakan salah satu dasar dalam dunia informatika.  Animasi ini akan dilakukan dengan tatap muka dan kuliah online yang akan disesuaikan dengan materi dan tugas yang diberikan. Penilaian akan dilakukan berdasarkan proses yang terjadi

1. Kehadiran (min 80%)

2. Tugas

3. UTS, dan

4. UAS.

 Setelah mempelajari uraian materi dalam bab pembelajaran dan kegiatan belajar ANIMASI ini diharapkan peserta didik dapat memiliki kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan materi:

1. Prinsip-prinsip dasar animasi.

2. Storyboard

3. Animasi tradisional.

4. Animasi komputer dan  frame.


Materi Pelajaran


Pertemuan I - Pengenalan Animasi 2D

Teknik animasi 2D adalah jenis animasi yang memiliki sifat flat secara visual. Bila dilihat dari teknis pembuatannya terdapat dua cara, yaitu manual dan komputer. teknik animasi manual atau yang biasa disebut dengan cell animation adalah teknik animasi yang paling lama usianya. 

Pertemuan II - FUNGSI prinsip-prinsip animasi

Fungsi Utama dari Prinsip – prinsip Dasar Animasi adalah agar setiap animasi yang dibuat kelihatan menarik, dramatis, dengan gerakan yang alami. 

Pertemuan III- 12 prinsip-prinsip animasi

  • Solid Drawing. ...
  • Timing & Spacing. ...
  • Squash & Stretch. ...
  • Anticipation. ...
  • Slow In and Slow Out. ...
  • Arcs. ...
  • Secondary Action. ...
  • Follow Through and Overlapping Action.

Pertemuan IV - Storyboard

Storyboard adalah serangkaian sketsa dibuat berbentuk persegi panjang yang menggambarkan suatu urutan (alur cerita) elemen-elemen yang diusulkan untuk aplikasi multimedia (animasi, film, game, dll).Pada awalnya storyboard merupakan kumpulan dari kertas gambar yang berisi rangkaian-rangkaian kejadian dalam sebuah produksi film, termasuk film animasi. Hal ini akan menjadi kerangka dasar bagi sutradara atau pembuat scenario tentang bagaimana sebuah film seharusnya berjalan. Begitu pula halnya dengan pembuatan aplikasi multimedia interaktif.

Pertemuan V - Prinsip Storboard

Ada beberapa Prinsip dalam penyusunan storyboard antara lain:

1. Pesan visual harus kreatif (asli, luwes dan lancar), 

2. Komunikatif, 

3. Efisien dan efektif, 

4.  Sekaligus indah/ estetis.

Pertemuan VI - Animasi Tradisional

Tradisional animasi adalah tehnik animasi yang paling umum dikenal sampai saat ini. Dinamakan tradisional karena tehnik animasi inilah yang digunakan pada saat animasi pertama kali dikembangkan.

Pertemuan VII - Animasi Komputer dan Frame

Animasi komputer adalah Seni dan proses menghasilkan gambar bergerak dengan  penggunaan komputer. Animasi computer  merupakan bagian dari bidang komputer grafik  dan animasi. Sesuai dengan namanya, animasi computer  secara keseluruhan dikerjakan dengan menggunakan komputer.