Daftar Sekarang
Total Rating : 0 / 0 Orang

Fasilitator

Basis Data A 2017


Peserta: 3 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib. Merupakan salah satu dasar dalam dunia informatika. Kuliah Basis Data akan dilakukan dengan tatap muka dan kuliah online yang akan disesuaikan dengan materi dan tugas yang diberikan. Penilaian akan dilakukan berdasarkan proses yang terjadi 1. Kehadiran (min 80%), 2. Tugas, 3. UTS, dan 4. UAS. 


Materi Pelajaran


Pertemuan 1 - Pengenalan Basis Data

Dijelaskan tentang bagaimana yang dimaksud basis data dan penjelasan sebelum masuk perkuliahan.

Basis Data

Basis data menyediakan fasilitas atau memudahkan dalam memproduksi informasi yang digunakan oleh pemakai untuk mendukung pengambilan keputusan.  Hal inilah yang menjadi alasan dari penggunaan teknologi basis data pada saat sekarang (dunia bisnis). ....
Untuk Penejelasan lebih lanjut silahkan unduh file materi ajaran dibawah ini

Pertemuan 2 - Perancangan Flowchart menggunakan Visio

Sesi ini membahas perancangan flowchart menggunakan aplikasi Visual Studio

Microsoft Visio
Microsoft Visio (atau sering disebut Visio) adalah sebuah program aplikasi komputer yang sering digunakan untuk membuat diagram, diagram alir (flowchart), brainstorm, dan skema jaringan yang dirilis oleh Microsoft Corporation. Aplikasi ini menggunakan grafik vektor untuk membuat diagram diagramnya.
Untuk lebih jelasnya , Silahkan unduh file materi dibawah ini.

Pertemuan 3 - Rumus Microsoft Excel

Setelah dibahas pengenalan aplikasi Microsoft excel , sesi ini dibahas penggunaan rumus-rumus excel untuk memudahkan pengelolaan data.

Microsoft Excel


Fungsi database dalam rumus microsoft exel merupakan fungsi yang berhubungan dengan  data base atau kumpulan dari beberapa data-data yang penting dan yang khusus di gunakan pada lingkungan data base atau pengolahaan data dalam daftar.

Pada fungsi database kali ini rumus excel lengkap akan menyajikan beberapa rumus yang termasuk fungsi data base, di antaranya:
1. Fungsi DSUM
2. Fungsi DAVERAGE
3. Fungsi DMAX
4. Fungsi DMIN
5. Fungsi DCOUNT

Fungsi – fungsi di atas sepintas mirip dengan fungsi – fungsi stasistik biasa, fungsi database memiliki kegunaan  yang spesifik untuk menghitung data-data yang sesuai dengan kriteria tertentu yang di berikan.

Untuk penjelasan lebih lanjut , Silahkan membaca materi yang telah disediakan

Pertemuan 4 - Merancang DFD ( Data Flow Diagram )

Sesi kali ini dibahas tentang Data Flow Diagram
 

Data Flow Diagram (DFD)


Data Flow Diagram (DFD) adalah alat pembuatan model yang memungkinkan profesional sistem untuk menggambarkan sistem sebagai suatu jaringan proses fungsional yang dihubungkan satu sama lain dengan alur data, baik secara manual maupun komputerisasi. DFD ini sering disebut juga dengan nama Bubble chart, Bubble diagram, model proses, diagram alur kerja, atau model fungsi.


Read More...


Agar lebih jelas , silahkan unduh materi 

Pertemuan 5 - Perancangan GUI pada Microsoft Access

Pada pertemuan kali ini , dibahas mengenai perancangan GUI pada Microsoft Access.

Microsoft Access

Microsoft Access adalah program aplikasi keluaran Microsoft yang berguna untuk membuat, mengolah, dan mengelola database (basis data).
Database (basis data) yaitu kumpulan arsip data berbentuk tabel yang saling relasi atau berhubungan sehingga menghasilkan informasi. Untuk menghasilkan sebuah informasi, diperlukan adanya DATA untuk dijadikan sebagai masukan.

Agar lebih jelas , unduh file materi dibawah ini.

Pertemuan 6 - MID

MID Test akan dilakukan menurut ketentuan waktu yang ditentukan , pelajari materi pertemuan 1 - 5

Pertemuan 7 - Merelasikan Data Excel dengan GUI Access

Sesi kali ini dibahas Perelasian Tabel dan Data pada aplikasi Microsoft Excel dan Access .
 

Import pada access yaitu memasukan atau menyalin data dari file lain dengan format Excel, Acess, Text, ODBC Data Base, XMl  ke dalam database Access yang kita buat atau gunakan. Proses ini juga disebut sebagai perelasian antara data excel dengan Access.

Untuk melihat tata cara perelasiannya , Kunjungi Link pada Bacaan Materi