Topik Khusus Multimedia 2020


Peserta: 38 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Kepada Mahasiswa dihimbau Memasang Foto Profil dan memperbaharui Profil Akunya

TOPIK KHUSUS MULTIMEDIA

Saat ini manfaat perkembangan teknologi multimedia sangatlah diperlukan dalam berbagai bidang di seluruh dunia, seperti bidang pendidikan, kesehatan, publikasi/periklanan, pertanian, sistem manajemen pemerintahan, dan lain-lain. Istilah multimedia pertama kali di kenal pada dunia teater, yang mempertunjukan pagelaran dengan menggunakan gerak, musik, dan video untuk menambah dramatisasi suatu cerita. Sekarang multimedia dikenal dengan panduan dari hasil gambar atau image, grafik, teks, suara, TV, dan animasi sehingga menjadi suatu karya yang dapat dinikmati secara audio visual.

Pada mata kuliah ini kita akan membahas topik khusus multimedia, berkaitan dengan perkembangan teknologi multimedia terkini.


Materi Pelajaran


Pengantar Topik Khusus Multimedia

Topik khusus multimedia merupakan mata kuliah tingkat atas untuk mebahas tentang perkembangan Multimedia Terpopuler. Berbagai perkembangan multimedia bukan hanya untuk bidang informatika tapi semua bidang dalam bidang ilmu. Pada kesmepatan pertama ini anda memiliki tugas untuk me-refresh pemahaman anda dalam bidang mutimedia. Materi pada sesi ini adalah:

  • Kontrak Kuliah
  • Mampu menjelaskan pengertian multimedia
  • Mampu mengidentifikasi manfaat multimedia dalam kehidupan sehari-hari
  • Memapu mengidentifikasi jenis-jenis multimedia

Sesi 1: Multimedia 2D dengan Macromedia/Adobe Flash

Pada kesempatan sesi 1 ini kita akan membahas tentang multimedia 2D. Berbagai perangkat lunak aplikasi pengolah multimedia 2D yang kita ketahui, sebut saja powerpoint, autoplay, adobe flash, videosribe dan banyak lagi. Tentu pada mata kuliah topik khusus ini kita lebih banyak mebahas aplikasi lebih spesifik dan kegunaannya dalam dunia pendidikan. Beberapa akan di praktekkan dalam bentuk tugas dan proyek.

Sesi 2: Video Whiteboard

Pada sesi ini 19.03.2020 kita akan melakukan kuliah online dari jam 13.30-15.00 Wita. Pada sesi ini kita akan menbahas Video Whiteboard seperti tugas yang anda kerjakan pekan kemarin. Pada sesi ini anda wajib membaca bahan bacaan yang ada di sesi 2 ini, lalu mengumpulkan tugas pekan lalu video whiteboard. Setelah itu anda masuk ke Forum Diskusi. Lalu ada tugas untuk sepekan ini. Silahkan siapkan laptop anda dan kuota internet anda.

Sesi 3: Video Grafis

Pada sesi ini anda memiliki tugas untuk membahas dan membuat Video Grafis. Video Grafis adalah media untuk merekam sesuatu moment atau kejadian yang dirangkum dalam sejarah gambar dan suara yang dapat kita nikmati kemudian hari, baik sebagai sebuah larangan ataupun sebagai bahan kajian untuk mempelajari apa yang sudah atau pernah terjadi.

Pada sesi 3 ini tentang video grafis anda wajib membaca bahan bacaan yang ada dan mengkajinya, anda wajib mengikuti dan menjawab forum diskusi, dan anda memiliki tugas mandiri.

Sesi 4: Video Pembelajaran

Pada sesi ke 4 ini anda akan fokus pada video pembelajaran. Video pembelajaran adalah suatu media yang dirancang secara sistematis dengan berpedoman kepada kurikulum yang berlaku dan dalam pengembangannya mengaplikasikan prinsip-prinsip pembelajaran sehingga program tersebut memungkinkan peserta didik mencemarti materi pelajaran secara lebih mudah dan menarik. 

Pada sesi ini ada bahan bacaan tentang bagaimana membuat Video Pembelajaran, selanjutnya anda memiliki tugas Mengamati Video pembelajaran, selanjutnya anda memiliki tugas untuk membuat skenario langkah pembuatan video pembelajaran.

Sesi 5: Video Animasi

Pada sesi ini kita akan belajar tentang video animasi. Tentu berbeda dengan materi sebelumnya Video Grafis. adda perbedaan yang sangat mendasar antara kedua video ini walaupun banyak yang mengkategorikan sama. Pada sesi ini anda akan mengidentifikasi perbedaan Video Animasi dan Video Grafis.

UAS Topik Khusus Multimedia

Pada kesmepatan kali ini kita akan melakukan tugas akhir dari perkuliahan kita. Tentu berbagai pengalaman selama satu semester dengan berbagai proyek dikerjakan banyak yang telah dipelajari. pada kali ini anda sampai pada tugas akhir atau ujian akhir sementer. Disini juga anda mengumpulkan tugas tekahir anda sebelum mengerjakan proyek UAS.