Keamanan Komputer


Peserta: 33 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Mata Kuliah Keamanan komputer atau dalam Bahasa Inggris computer security atau dikenal juga dengan sebutan cybersecurity atau IT security adalah keamanan informasi yang diaplikasikan kepada komputer dan jaringannya. Computer security atau keamanan komputer bertujuan membantu user agar dapat mencegah penipuan atau mendeteksi adanya usaha penipuan di sebuah sistem yang berbasis informasi. 


Materi Pelajaran


Pengantar Kemanan Komputer

Kemanan komputer mengapa sangat dibutuhkan saat ini, “information-based society”, menyebabkan nilai informasi  menjadi sangat penting dan menuntut kemampuan untuk mengakses dan menyediakan informasi secara cepat dan akurat menjadi sangat esensial bagi sebuah organisasi.

Pada sesi ini kita akan memberikan pengantar tentang Keamanan komputer

Ancaman Terhadap Keamanan Sistem Komputer

Ancaman paling signifikan terhadap keamanan dari sistem komputer pada saat ini bukan berupa ancaman terhadap keamanan fisik, tetapi juga ancaman terhadap keamanan non fisik. Pada sesi ini kita akan membahas tentang Kemanan Komputer Sistem Komputer.

Ujian Tengah Semester

Pada kesmepatan ini anda akan mengiuti UTS Kemaman komputer, pastikan kuota internet anda cukup sampai beberpa menit kedepan untuk memastikan menjawab soal yg ada.

Rangkuman Diskusi

Pada kesmepatan ini anda akan membuat resume di blog pribadi masing-masing. Sebagai bukti anda selalu aktif dalam kegiatan diskusi materi yang diberikan. 

Tugas Pra Final Test

Buat sebuah jurnal ilmiah tentang kemanan komputer yang berisi tentang:

1. Pengantar Kemanan Komputer 

2. Kriptography

3. Kemanan Sistem Komputer

4. Kemanan Jaringan Komputer

5. Kemanan Data

6. Dst......

 

untuk lebih lengkapnya silahkan lihat di halaman tugas