Aplikasi Multimedia


Peserta: 28 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Aplikasi multimedia adalah, aplikasi yang dirancang serta dibangun dengan menggabungkan elemen-elemen seperti : dokumen, suara, gambar, animasi serta video. Pemanfaatan dari aplikasi multimedia dapat berupa company profile, video untuk tutorial, e-Learning, maupun Computer Based Training.


Materi Pelajaran


Pengantar MK. Aplikasi Multimedia

Selamat datang di sesi pertama, sesi pengantar Aplikasi Multimedia. Silahkan mendownload  dan membaca kontrak kuliah. Ada beberapa tugas yang harus anda selesaikan pada sesi pengantar ini.

Perkembangan Multimedia

Multi “media” berarti media yang berisikan gabungan dari banyak media lainnya.

Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyam paikan informasi dalam bentuk text, audio, grafik, animasi, dan video.

Pada sesi ini silahkan mengunduh presentasi berikut ini sebagai bahan bacaan

Pengolah Multimedia Sederhana

Salam online, pada pertemuan ini kita akan membahas tentang Aplikasi Pengelolah Multimedia Sederhana. Untuk materi ini kita akan menggunakan aplikasi multimedia Microsoft Powerpoint. Aplikasi Ms powerpoint merupakan aplikasi yang sering digunakan sebagian besar orang di Indonesia. Hampir setiap komputer memiliki aplikasi ini, maka dari itu aplikasi pengolah multimedia ini merupakan yang paling dasar dan paling disenangi. Pada pertemuan ini kita akan mulai membahas Powerpoint, kita akan melaluinya dalam 2 kali pertemuan.

Pengembangan Media Animasi 2D

Pada materi kai ini kita akan menggunakan aplikai Macromedia Flash/ Adobe Flash untuk membuat sebuah media pembelajaran yang interaktif 2D. Silahkan anda menginstalasi terlebih dahulu aplikai tersebut lalu instal. Setalah anda menginstal aplikasinya (disarankan macromedia flash 8) anda akan mengerjakan beberapa latihan untuk melatih anda menggunakan aplikasi tersebut sebagai dasar. Materi 1). Pengenalan Macromedia Flash, 2). Membuat Animasi Sederhana

a). Membuat animasi sederhana dengan permainan keyframe

b). Animasi Objek bergerak mengikuti alur

c). Animasi perbesaran objek

d). Animasi mengubah bentuk objek

e). Animasi memutar objek

f). Animasi memutar objek

g). Animasi shine

h). Animasi foto mengkilap

Silahkan unduh modul latihan ini Pertemuan 6&7 (Modul 1 & 2).pdf

Membuat Presentasi dengan Flash

Pada kesempatan ini anda memiliki tugas proyek membuat presentasi dengan menggunakan Macromedia Flash. Berikut contoh media yang akan anda buat. Silahkan cari materi yang berhubungan dengan TIK.

18-Tugas Final Presentasi Muhammad Riska PTK B.swf

Untuk penilaian, silahkan lihat Rubrik penilaian di bawah ini sebagai acuan untuk membuat media anda dan mendapatkan nilai maksimal.

Rubrik Penilaian Mid Semester.docx

 

 

Aplikasi VideoSribe

VideoScribe is software for creating whiteboard animations automatically. VideoScribe is available as a desktop version, an iPad app and an Android app on Google Play. The desktop version allows a seven-day free trial after which users can buy VideoScribe Pro on monthly, yearly or one-off subscriptions, which gives users rights for commercial and resell use. There are multi-user discounts for businesses and education establishments.

This time you have task creatng presentation