Daftar Sekarang
Total Rating : 4.75 / 4 Orang

Fasilitator

Peserta Terbaru

Studio Kamera & Lighting


Peserta: 0 Orang  Pendaftaran: Ditutup 


Kamera merupakan perangkat yang hampir setiap orang memiliki, mulai dari kamera handphone, kamera poket, sampai pada kamera DSLR. Perkembangan kamera yang begitu pesat akhi-akhir ini sejalan dengan perkembangan tren fotography. Fotography berasal dari kata foto yang berarti cahaya dan grapos berarti lukisan, artinya fotography adalah melukis dengan cahaya. Tanpa cahaya hasil foto tidak ada apa-apanya, karena salah satu elemn terpenting dalam foto adalah cahaya. Dimanapun pengambilan gambar dibutuhkan pencahayaan yang memadai, salah satu tempat pengambilan gambar adalah studio foto, dibutuhkan banyak tools foto agar menghasilkan foto yang baik. Salah satu adalah lighting menjadi sesuatu yang sangat krusial dalam pengambilan gambar indoor/studio. Mata kuliah ini selama satu semester akan membahas tentang studio kamera dan lighting.


Materi Pelajaran


Pengantar Mata Kuliah

Pada kesmepatan ini kita akan membahas tentang kontrak kuiah dan beberapa pengantar tentang Studio Kamera dan Lighting.

Dasar Photography

Photography saat ini merupakan sesuatu yang sangat menarik untuk dibicarakan. Sebuah tren baru untuk mendokumentasikan gambar dalam bentuk digital. berbagai kemudahan yang disedikan berbagai jens kamera membuat pengguna nyaman dalam mengoprasikannya. Walaupun perkembangan kamera begitu pesat tetap saja dasar-dasar photography dan prinsip kerja kamera masih sama dengan masa dimana awal erkembangannya. Pada sesi ini kita akan membahas tentang dasar-dasar photography.

Perlengkapan Photography

Pada sesi ini kita akan membahas perlengkapan Photography. Pada dasarnya perangkat dasar untuk photography adalah kamera dan lensa, di tambah dengan flash untuk membantu penahayaan. Selain itu ada banyak perlengkapan pendukung photography yang sering digunakan untuk mendukung fotografer untuk mendapatkan gambar yang maksimal. Ada beberapa jenis perlengkapan kamera. misalnya saja filter lensa, payung, triot dan masih banyak lagi perlengkapan pendukung.

Tugas anda pada sesi ini adalah mengidentifikasi perlengkapan photography, nama, disertai gambar, dan fungsinya. Silahkan kumpul di halaman tugas.

Pencahayaan Studio

Selamat pagi dan salam online, semoga dalam keadaan sehat dan tetap semangat. Pada materi kali ini kita akan membahas tentang pencahayaan dalam studio. Tentu pada ruang tertutup (indoor) membutuhkan pencahayaan ekstra, sebagai seorang fotografer atau videografer perlu mempertimbangkan tentang itu semua. Pada bagian pertama tugas anada adalah mengikuti forum diskusi sebagai bagian dari absensi perkuliahan hari ini. Kemdian akan ada tugas tambahan yang akan dikerjakan dengan jangka waktu tertentu.